Mereset iPhone (mengatur ulang) kembali menjadi pengaturan pabrik merupakan salah satu cara terbaik untuk mengembalikan iPhone terlihat lebih segar lagi. Nggak ada data, cache, aplikasi sampah ataupun mendapatkan password baru.

Namun, cara reset iPhone sendiri nggak bisa kamu lakukan semena-mena, ada beberapa pengaturan yang harus kamu lakukan terlebih dahulu agar semua data penting di dalam iPhone tersebut nggak hilang.

Cara Reset iPhone ke Pengaturan Awal dan Mengganti Password

Tipe reset iPhone sendiri ada 2, yakni soft reset dan factory reset. Kedua-duanya memiliki fungsi dan cara yang berbeda. Untuk kamu yang sudah penasaran, langsung saja cek artikel berikut ini.

1. Cara Factory Reset iPhone dengan Benar

Factory reset adalah cara untuk mengatur ulang kembali iPhone ke setelan/pengaturan awal dari pabrik. Semua pengaturan tersebut akan kembali seperti awal mulai dari tema, background, wallpaper, sampai semua aplikasi yang sebelumnya sudah terinstall-pun akan hilang.

Cara ini sangat baik dilakukan apabila tujuan kamu mereset iPhone adalah ingin menjualnya kepada orang lain. Karena, semua foto, video, audio dan rekaman apapun yang ada di dalamnya akan terhapus dan nggak akan bisa dilihat oleh calon pembeli.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mereset iPhone secara factory:

1. Backup terlebih dahulu data kamu ke dalam iCloud. Pilihlah data yang menurut kamu penting untuk dibackup karena akan digunakan kembali di dalam Apple ID device Apple kamu yang lainnya.

2. Masuklah ke dalam “Settings > iCloud > iCloud Backup”. Aktifkan pilihan backup ini dan lihatlah kapan terakhir kali data kamu terbackup pada bagian paling bawah yang menunjukkan tanggal dan waktu.

icloud backup sebelum reset

3. Setelah kamu memastikan data sudah dibackup, kembalilah ke dalam menu “Settings > General > Reset”.

4. Klik pilihan “Erase All Content and Settings” yang tersedia di dalam halaman tersebut.

5. Ketika muncul pop up peringatan, klik pilihan “Back Up Then Erase” agar sebelum data dan pengaturan milikmu direset, iPhone otomatis membackup data penting ke dalam iCloud.

6. Masukkan “Passcode” yang kamu gunakan untuk membuka kunci layar iPhone kamu. Kemudian, secara otomatis iPhone akan melakukan proses reset yang akan selesai dalam beberapa menit.

7. Tunggu hingga prosesnya selesai, iPhone milikmu sudah kembali ke setelan awal pabrik tanpa ada data, pengaturan, dan aplikasi yang sudah ditambahkan ke dalamnya.

Sekarang, iPhone milikmu sudah siap kembali ke pengaturan awal dan digunakan kembali layaknya iPhone baru beli di toko. Bahkan, kalau kamu berniat untuk menjualnya, semuanya sudah aman karena nggak ada data yang tertinggal lagi di dalam iPhone milikmu tadi.

2. Cara Soft Reset iPhone dengan Benar

Soft reset adalah cara terbaik untuk mengembalikan pengaturan iPhone milikmu kembali ke default tapi nggak menghapus data apapun yang ada di dalamnya, sekalipun itu bukanlah aplikasi bawaan iPhone.

Proses reset ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang tiba-tiba iPhone miliknya hang, error, nggak mau bergerak ataupun merasa sudah terlalu lemot.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk soft reset sebuah iPhone:

1. Masuklah ke dalam menu “Settings > General > Reset”.

2. Tekan klik tombol “Reset All Settings”.

reset iphone - pilih salah satu

3. Ketika muncul pop up peringatan, tekanlah tombol “Reset Settings” berwarna merah. Kemudian, proses reset akan secara otomatis berjalan.

4. Tunggu hingga proses tersebut selesai dan iPhone milikmu kembali ke pengaturan awal tanpa menghapus semua data yang tersimpan dan semua aplikasi yang sudah pernah diinstal sebelumnya.

Lalu, pengaturan apa yang akan dikembalikan secara default? Singkatnya, semua pengaturan iPhone akan kembali ke pabrik, detailnya ada tema, wallpaper, passcode, waktu, bahasa dan yang lainnya.

Selesai dalam tahap ini, iPhone milikmu nggak akan memiliki pengaturan seperti yang nggak kamu inginkan, dan siap untuk digunakan kembali.

3. Cara Reset Password iPhone Lupa Password atau Passcode

Satu hal lagi selain melakukan reset iPhone ke pengaturan awal dengan data yang terhapus dan nggak terhapus sama sekali adalah mereset iPhone karena lupa password atau yang biasa disebut dengan passcode.

Cara ini mungkin sedikit gila dan banyak yang nggak percaya, tapi inilah yang harus kamu lakukan ketika lupa password iPhone.

1. Masuklah ke “Recovery Mode” dengan kombinasi tombol power, volume dan sambungan ke komputer.

2. Lakukan proses “Restore Mode”. Kemudian, ganti password iPhone milikmu.

Proses ini akan jauh lebih mudah jika kamu melihat video yang satu ini. Video ini berasal dari akun resmi Youtube milik Apple. Jadi, kamu pasti akan melihat solusinya dengan detail.

Proses di atas terbagi menjadi beberapa bagian, jika disebutkan maka akan menjadi bagian pertama cara reset iPhone lupa password untuk versi iPhone 8, 8 plus, X, XR, XS, XS Max, 11, dan 11 Pro. Bagian kedua cara reset iPhone lupa password untuk versi iPhone 7 dan 7 plus. Bagian ketiga cara reset iPhone lupa password untuk versi 6, 6s, dan generasi sebelumnya, serta beberapa bagian untuk versi iPad.

Apa sih fungsi reset iPhone?

Pada beberapa kasus, error yang terjadi di iPhone sulit untuk diperbaiki, seperti hang, aplikasi error, lambat, layar hitam, dan lainnya. Merestart iPhone bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Meskipun, kamu harus kehilangan data, dan pengaturan lainnya.

Ataupun jika kamu memiliki rencana untuk menjual iPhone kamu. Merestart-nya adalah langkah terbaik agar data iCloud dan file lain di dalam iPhone benar-benar kosong dan nggak bisa diakses oleh pembeli.

###

Ada cara reset iPhone lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment