Dunia maya saat ini memang menyediakan banyak sekali situs lowongan kerja untuk bisa membantu mengentaskan pengangguran di Indonesia. Kamu perlu tahu bahwa saat ini jumlah dari situs loker tersebut sudah lebih dari 3 macam dan setiap website punya keunggulan masing-masing. Tidak semua situs lowongan kerja terpercaya, sehingga kamu yang hendak lulus kerja juga perlu pilih-pilih.

Ada banyak website scammer tentang penyediaan lowongan kerja jangan sampai membuat kamu patah semangat dalam mencari kerja dan bebas secara finansial. Ikuti terus ulasan yang ada di artikel ini, sehingga kamu bisa benar-benar mendapatkan kesempatan melamar pekerjaan yang diinginkan melalui via online. Sudah tidak sabar untuk mengetahui daftar situs loker terpercaya Indonesia, simak ini.

Situs lowongan kerja di Indonesia

Ada serangkaian daftar dari situs loker yang beredar di Indonesia dan semua yang disampaikan dalam artikel ini terpercaya dan lebih aman. Kamu akan bisa mencari pekerjaan sesuai dengan bidang maupun passion melalui situs-situ yang akan disampaikan dalam artikel ini. Tidak perlu basa-basi lagi, kamu bisa simak beberapa daftar dari situs loker tersebut.

1. Karir.com

Ketersediaan situs pencarian lowongan kerja memang sudah ada sejak tahun 1998 silam, terutama untuk situs Karir.com. Situs ini memiliki peminat cukup tinggi juga saat itu, sehingga pelamar akan bisa mendapatkan pekerjaan yang ada di Indonesia. Namun, situs ini diakuisisi oleh group EMTEK untuk mengalami perombakan total pada bagian kategorinya.

Pelamar kerja akan bisa mencari kategori pekerjaan berdasarkan domisili, gaji, nama perusahaan, bidang industri, dan lain sebagainya. Perombakan fitur ini memungkinkan pelamar untuk bisa mendapatkan kriteria pekerjaan yang lebih sesuai dengan yang diinginkan atau yang diperlukan pelamar.

2. JobsDB.com

Kamu pasti juga sudah tidak asing mendengarkan adanya situs pencarian kerja JobsDB.com. Situs yang satu ini tidak hanya menyediakan lowongan kerja di Indonesia saja, melainkan di kawasan seluruh ASIA. Para pelamar akan bisa mencari pekerjaan di luar negeri dengan menggunakan situs yang satu ini. Situs ini menawarkan lowongan kerja yang sangat bermacam-macam, termasuk PNS juga.

Kamu juga akan bisa melakukan pencarian pekerjaan berdasarkan kriteria yang hampir sama dengan yang disediakan Karir.com. Kamu akan bisa melakukan akses informasi lowongan pekerjaan ini melalui aplikasi smartphone juga kini. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk bisa melihat dan mendaftarkan diri dimana saja dan kapan saja dengan menggunakan smartphone kamu.

3. JobStreet.co.id

Situs dengan pamor yang sudah sangat terkenal adalah JobStreet.co.id. Saat ini sarjana atau lulusan SMA mana yang tidak mengetahui keberadaaan lowongan pekerjaan di situs JobStreet. Situs yang satu ini sudah berusia lebih lama dari dua situs lowongan pekerjaan yang sudah disebutkan sebelumnya. Pendirian dari situs JobStreet ini terjadi pada tahun 1995 di Malaysia.

Walaupun pendirian dilakukan di Malaysia, situs ini juga menyediakan banyak sekali pekerjaan di Indonesia. Setiap pelamar kerja juga akan bisa melakukan pencarian pekerjaan yang sesuai dengan yang diinginkan. Bahkan, kamu juga bisa menemukan lowongan pekerjaan dimana ada banyak karyawan yang sudah lolos seleksi dan bagian dari alumni universitas yang sama dengan kamu.

4. CareerJet.co.id

Kamu memiliki skill professional dalam bidang tertentu dan bisa berbahasa asing, terutama Perancis, maka kamu bisa mencoba mendaftarkan diri di situs CareerJet. Situs tersebut didirikan di Perancis sudah sejak tahun 2000. Kamu akan bisa mencari pekerjaan yang bersifat permanen atau kontrak dengan rentang gaji tertentu juga. Pastikan kamu sudah isi profil lengkap di situs CareerJet juga.

Kamu bisa segera mendaftar di lowongan pekerjaan yang tersedia di situs CareerJet setelah daftar login alias jadi member. Ada banyak fitur yang disediakan oleh CareerJet, sehingga seluruh member akan bisa mendapatkan pekerjaan dengan kategori yang sesuai.

Perbandingan fitur masing-masing situs

Setiap situs lowongan pekerjaan memiliki keunggulan fitur masing-masing. Kamu perlu untuk mengetahui letak perbedaan dari masing-masing fitur di situs lowongan pekerjaan tersebut. Sudah sangat penasaran dengan bermacam-macam fitur di situs tersebut, maka perlu simak ini sampai selesai.

1. Fitur Karir.com

Situs dari Karir.com memungkinkan perusahaan untuk mencari pelamar yang memenuhi kualifikasi berdasarkan resume. Tampilan dari website ini juga cukup menarik, sehingga kamu akan bisa dengan mudah memahami bagaimana cara menggunakan setiap fitur yang ada di situs tersebut. Respon dari perusahaan yang ada di situs ini juga biasanya cepat.

2. Fitur JobsDB.com

Setiap pelamar yang membuka situs JobsDB akan bisa melihat human interface yang ramah, sehingga pelamar akan bisa segera memahami cara pakai dari situs ini dalam mencari pekerjaan. Bahkan, pelamar yang mendatangi situs JobsDB ini tidak hanya berasal dari Indonesia, melainkan juga mancanegara. Bahkan, dari pertama kali membuka situs sudah terdapat kategori yang ingin dicari pelamar kerja.

Dalam satu akun member di JobsDB akan memiliki kesempatan 10 kali untuk mendaftar lowongan kerja. Cara membuat surat lamaran juga mudah dipahami, sehingga pelamar hanya perlu waktu singkat untuk mempelajari seluruh interface saat menuliskan lamaran kerja melalui JobsDB ini.

3. Fitur JobStreet.co.id

Kamu bisa memilih untuk melakukan pengiriman CV melalui free sign up atau langsung ke email dari perusahaan yang kamu inginkan untuk bekerja di sana. Apabila Anda memilih untuk free sign up, maka kamu akan bisa posting CV dan mendapatkan notifikasi mengenai perusahaan yang prospek sesuai dengan CV kamu.

4. Fitur CareerJet.co.id

Kamu tidak ingin menghabiskan waktu untuk mendaftarkan akun dan memberikan data di beberapa website pencarian kerja, maka kamu bisa pakai CareerJet. Situs ini memungkinkan kamu untuk bisa melamar pekerjaan tanpa harus daftar dahulu. Hanya saja memang, kalau mendaftarkan diri kamu akan bisa mendapatkan fitur tambahan yang lebih banyak lagi, seperti Pasang CV Anda.

Apakah situs lowongan kerja terbukti efektif?

tips sukses lamar kerja online

Berdasarkan survei dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2018, jumlah pengangguran yang ada di Indonesia mengalami penurunan sampai ke 140.000 orang. Sebagian besar dari data di tahun tersebut menunjukkan bahwa pengangguran terbesar terjadi pada lulusan SMK yang mencapai 8,92 %. Namun, trend ada banyaknya coffee shop yang berdiri sangat membantu lulusan SMK untuk bisa bekerja disana.

Sebagian besar dari lowongan sebagai karyawan di coffee shop jug a diunggah di beberapa situs pencarian kerja yang ada di Indonesia. Para pelamar tersebut bisa mendaftarkan diri di berbagai perusahaan swasta yang memang memerlukan tenaga kerja setaraf dengan lulusan SMA maupun SMK. Itulah mengapa selagi kamu masih bersekolah cari pengalaman dan belajar skill yang mendalam untuk bangun resume baik.

Lakukan 3 hal penting berikut ketika melamar pekerjaan secara online

Tidak bisa dipungkiri bahwa populasi dari lulusan dari berbagai tingkat pendidikan di Indonesia sangat besar. Hal tersebut mempengaruhi banyaknya tingkat lulusan yang menganggur dan mencoba untuk melamar guna mendapatkan pekerjaan. Ada banyak persaingan di dalam mendaftarkan diri untuk mendapatkan pekerjaan alias dipanggil HRD dan ini perlu tips berikut ini.

  1. Pastikan Menyertakan Subjek Email dengan Jelas
    Mengirimkan surat dengan tidak menyertakan subjek yang jelas akan dianggap main-main oleh HRD. Padahal HRD harus memiliki lebih dari puluhan yang bisa mencapai ratusan kandidat yang mengirim email untuk mendapatkan pekerjaan yang dibuka. JIka tidak menyertakan subjek dengan jelas, sudah pasti otomatis akan dihapus oleh HRD.
  2. Buat Nama Email yang Formal
    Nama email yang formal sangat penting, karena ini dianggap HRD sebagai sebuah tingkat kedewasaan kandidat dalam hal bertanggung jawab, jika suatu saat diterima di perusahaan. Pastikan kemanapun kamu melamar pekerjaan untuk menggunakan alamat email yang formal alias jangan lebay.
  3. Badan Email Menggunakan Sapaan dan Jabatan yang Sesuai
    Isi dari email harus diawali dengan salam dan juga divisi yang dituju. HRD tidak akan menganggap serius kandidat yang tidak menyertakan pengantar di badan email dengan baik. Pastikan bahasa yang dipakai dalam badan email juga bersifat formal.

Ada banyak sekali bukan hal yang harus dipahami mengenai situs lowongan kerja dan kini kamu sudah memahaminya. Pastikan kamu untuk mengikuti seluruh tips dan memilih perusahaan yang sesuai dengan bidang maupun passion kamu. Informasi ini bisa kamu sebarkan melalui media sosial kepada teman maupun keluarga yang sedang mencari tahu akan situs lowongan kerja terpercaya di Indonesia.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment