Apple mengejutkan kita kembali dengan rencananya meluncurkan seri iPhone 12. Beberapa bulan lalu, pihak Apple menyebutkan nggak akan membawakan Earpods pada box iPhone 12.

Beberapa hari yang lalu, orang yang sama dari pihak Apple klaim akan menjual iPhone 12 terpisah dari chargernya.

Berita yang bikin kita mikir, “Apple ini berpikir terlalu maju, atau pikirannya salah?”

Sudah dijual mahal, dibelinya susah. Sekali dibeli, nggak ada chargernya. Apa iya kita harus pinjem temen terus?

Setelah iPhone 12 rilis, saya yakin akan ada jokes baru yang muncul dari pengguna Android setelah sebelumnya sempat membuat jokes fitur iOS 14.

HP mahal nggak ada chargernya? Jual aja HPnya buat beli charger, bos!

Sebagai Apple Fansbase abal-abal, tentu saya nggak akan tinggal diam. Sebenarnya, hanya dengan mendengar iPhone 12 akan rilis tanpa charger, saya sudah berfirasat bahwa ini memang langkah baik dari Apple, langkah yang seharusnya dilakukan juga oleh semua pabrikan smartphone.

Kenapa saya bilang seperti itu?

1. iPhone 12 masih bisa pakai charger iPhone lama

Meski sudah melewati beberapa tahun Apple merilis iPhone, sampai saat ini, bahkan sampai iPhone 12, Apple masih menggunakan konektor charger lightning. Ini artinya, jika kamu membeli iPhone 12, kamu nggak perlu khawatir nggak punya charger.

Karena, adaptor dan kabel lightning tersebut bisa kamu gunakan dari iPhone sebelumnya. Tanpa harus khawatir, berapa voltase, dan watt yang dihantarkan.

Sayangnya, kalau sebelumnya ternyata kamu adalah pengguna Android, tentu kamu harus beli adaptor dan kabel chargernya.

Tapi, saya merasa nggak ada banyak pengguna Android yang mau migrasi ekosistemnya ke iOS. Selain mereka merasa fitur Android jauh lebih maju, mereka juga harus belajar lagi cara penggunaan iPhone yang bagi pemula nggak mudah.

2. Pakai wireless charging, teknologi masa depan

Sudah dari 3 tahun yang lalu Apple membawa fitur wireless charging di seluruh produk iPhone yang diproduksinya. Wireless charging yang sudah mendapatkan Qi Certified, sebuah sertifikasi yang menandakan produk tersebut sudah aman digunakan untuk berbagai jenis smartphone, termasuk iPhone.

iPhone pertama yang mendapatkan fitur wireless charging tersebut adalah iPhone 8 dan iPhone X.

Pemaksaan Apple agar kamu menggunakan wireless charging di iPhone 12 akan berdampak baik pada masa depan kamu. Karena, ini adalah investasi jangka panjang yang nggak banyak orang tahu.

Selain karena kabel charger harus selalu menggunakan yang original bawaan dari pabrik, padahal wireless charging bisa kompatibel pada semua device smartphone (yang penting ada QI certified). Apple masih percaya bahwa The future is wireless. Meskipun AirPower sempat pending rilis.

3. Harga iPhone jadi lebih murah

Tanpa dibawanya charger dan earphone dalam kemasan iPhone 12 menjadi kabar baik buat kita yang biasa beli iPhone nunggu bekasan orang. Karena, akan ada kemungkinan harga iPhone 12 jadi lebih murah dari biasanya.

Kabar gembira, kan?

Kayaknya tetep bukan kabar gembira, ya? Tetep aja nunggu bekasan orang lain, heheheu.

4. Ikut serta mengurangi limbah dunia

Kenapa bisa dikatakan sebagai keikutsertaan kita mengurangi limbah dunia?

Setiap smartphone memiliki charger. Kami memiliki 1,5 miliar smartphone yang dikirimkan tahun lalu. Itu hanya untuk ponsel. Ketika kami memiliki tablet, laptop, bor listrik, [dan banyak lagi], kami memperkirakan total empat miliar pengisi daya (dikirim tahun lalu). Kami memperkirakan sekitar 300.000 ton limbah elektronik hanya dari pengisi daya dalam kemasan ini.

Steven Yang, CEO dari Anker (perusahaan aksesori handphone)

Saya menanggapi, langkah yang dilakukan oleh Apple adalah langkah yang sangat memerhatikan lingkungan. Setidaknya, dari jutaan smartphone yang diproduksi oleh produsen di seluruh dunia, kamu mengurangi adanya limbah elektronik dalam setiap 1 box iPhone 12.

Hal ini mengingat semakin banyaknya pengguna smartphone di seluruh dunia yang selalu naik setiap tahun.

Semakin sedikit aksesoris yang ada di dalam 1 box smartphone, semakin sedikit juga limbah yang ada di dunia. Hidup akan menjadi lebih panjang. Mungkin, tahun depan dalam 1 box iPhone nggak ada buku panduan heheheu.

###

Tanggapan pribadi ini belum tentu valid. Kamu masih bisa saja berdebat lebih lanjut mengenai 4 statement saya di atas. Tapi, adakah salah satu dari kamu yang berpikir bahwa mungkin saja statement saya itu benar?

Mari kita tunggu bagaimana Apple akan merilis iPhone 12 nanti di bulan September.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment