Kesuksesan selalu ada hubungan dengan manajemen waktu, sehingga kamu juga harus bisa belajar untuk mengatur waktu untuk menyelesaikan yang prioritas dahulu. Tidak semua orang bisa menyusun daftar prioritas untuk bisa mencapai target. Apabila kamu bisa menjadi salah satu orang dengan pengaturan waktu yang tepat, sebagian besar apa yang kamu inginkan bisa terwujud.

Saat ini pengaturan waktu bisa menjadi lebih mudah dengan adanya aplikasi smartphone, sehingga dimana saja dan kapan saja kamu berada akan ada reminder. Sebagian besar aktivitas dengan skala prioritas tinggi bisa kamu kerjakan dahulu berkat reminder dari aplikasi tersebut. Kamu juga harus mengerti basic dari pemutusan skala prioritas dalam mengatur waktu dan semua bisa kamu lihat di bawah ini.

Apa arti manajemen waktu?

Hal paling utama yang harus kamu pahami tentang pengaturan waktu adalah definisinya. Berdasarkan kamus Cambridge, manajemen waktu adalah praktek dalam memanfaatkan waktu yang tersedia untuk melakukan hal yang berguna dengan cara yang efektif, terutama saat kamu bekerja. Bisa jadi seseorang itu masuk dalam kategori cerdas, tetapi tidak sukses, karena pengaturan waktu yang buruk.

Mengatur skala prioritas waktu masuk dalam skill tersendiri dan sudah terbukti bisa meningkatkan produktivitas pada saat bekerja. Ada banyak tokoh terkenal yang pandai dalam mengatur waktu dan mengarahkan orang-orang untuk bisa melakukan hal yang sama, seperti Tim Ferriss dan David Allen. Memang, kamu tidak perlu harus jadi seahli mereka, tetapi tetap saja perlu memahami skill dasar ini.

Apabila kamu adalah orang tua, kamu juga perlu untuk mendidik anak sedini mungkin untuk bisa mengambil keputusan mana skala prioritas yang penting. Mungkin kamu akan bertanya apa gunanya belajar time management sejak usia muda? Sudah pasti hal ini akan berguna di masa depan, terutama saat ia sudah mulai harus bisa mengatur jadwal belajar, bermain, dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Daftar aplikasi manajemen waktu

Beberapa dekade lalu, orang-orang memang masih mengandalkan memo atau catatan di buku kecil untuk bisa melakukan pengaturan waktu yang baik. Namun, teknologi terus berkembang maju, sehingga generasi sekarang sudah dimudahkan dengan adanya bermacam-macam aplikasi pengaturan waktu melalui smartphone. Kamu penasaran dengan apa saja aplikasi tersebut, maka kamu bisa simak berikut ini.

1. Smart Time

Aplikasi paling pertama yang berguna bagi user untuk bisa mengatur pola hidup seimbang adalah Smart Time. Kamu akan bisa berfokus dan lebih produktif pada saat bekerja dengan menggunakan aplikasi ini. Kamu akan bisa set target dan kegiatan apa yang perlu diselesaikan dengan segera. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk memahami diri kamu dengan lebih baik.

Misalkan saja, kamu memiliki pekerjaan dengan job desk sangat banyak dan membuat kamu stress. Biasanya orang dengan tingkat stress tinggi cenderung susah untuk tidur di malam hari. Salah satu cara untuk bisa menghilangkan kebiasaan itu adalah dengan memahami diri sendiri dan mencari cara untuk menyelesaikannya. Misalkan dengan olahraga lebih rajin bisa bantu kurangi gejala insomnia.

Beberapa fitur yang ada dalam aplikasi ini yaitu tracking segala aktivitas kamu, menganalisa kebiasaan kamu, mendeteksi posisi kamu berada, merekam seluruh pergerakan dan aktivitas fisik yang kamu lakukan, dan lain sebagainya. Sebagai hasilnya, kamu akan bisa mendapatkan laporan dari seluruh aktivitas yang kamu lakukan dalam periode waktu mingguan. Berkat banyak fitur aplikasi ini, ratingnya mencapai 4,3.

Download SMART-TIME

2. Time Tune

Aplikasi lain yang bisa bantu kamu dalam mengelola waktu adalah Time Tune dan ratingnya mencapai 4,4. Sebagian besar orang yang sudah menggunakan aplikasi ini akan bisa menganalisa waktu mereka sebagian besar habis untuk mengerjakan hal apa. Laporan dari aplikasi ini bisa memicu perubahan pada kebiasaan pemborosan waktu menjadi lebih produktif.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini yaitu mengatur prioritas yang rutin, menganalisa statistic rutinitas pengguna aplikasi, berkemampuan untuk mengirimkan rutinitas kepada orang lain yang biasa berprofesi pelatih maupun dokter. Kamu akan bisa mengandalkan aplikasi ini untuk bisa atur skala prioritas kamu dalam kehidupan sehari-hari.

Download TimeTune

3. Boosted

Kamu ingin menjadi orang yang produktif saat bekerja dan bisa menyelesaikan banyak job desk, maka kamu perlu untuk memiliki aplikasi Boosted. Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam kelola waktu dan juga seberapa besar kamu produktif dalam bekerja. Kamu akan bisa menganalisa seberapa lama menghabiskan waktu untuk menyelesaikan aktivitas-aktivitas kamu.

Kamu akan bisa mengorganisir proyek sampai yang terkecil sekaligus. Kamu juga akan bisa melihat detail dan menganalisa berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu proyek. Kamu juga akan bisa melakukan back up terhadap detail data aktivitas kamu ke dalam Google Drive. Aplikasi ini memiliki rating tertinggi daripada dua aplikasi lain yaitu 4,6. Bahkan, kamu tidak akan bertemu iklan di app ini.

Download Boosted

Tips manajemen waktu

Ada sebagian kecil orang yang sudah menggunakan aplikasi pengaturan waktu, tetapi tetap saja belum berhasil untuk mencapai target yang ada. Orang seperti itu akan memerlukan beberapa tips dan trik untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dalam kelola waktu. Beberapa cara untuk mengelola waktu akan bisa kamu ketahui berikut ini.

1. Tentukan target dan prioritas

Kebanyakan orang masih bingung harus bagaimana dalam menentukan target dan prioritas. Kamu tidak bisa bilang bahwa semua job desk adalah prioritas. Kamu bisa mencoba untuk mengurutkan semua pekerjaan berdasarkan skala deadline. Waktu batas pengumpulan proyek bisa menjadi cara yang tepat untuk atur prioritas. Bisa juga kamu buat berdasarkan proyek besar yang mana profit lebih besar.

2. Buat list kegiatan yang perlu dan biasa kamu lakukan

Kegiatan yang perlu dan biasa kamu lakukan adalah dua skala prioritas yang berbeda. Keduanya bisa tampak menjadi sangat melelahkan bagi orang yang sibuk. Membuat list akan bisa membantu kamu menghilangkan kegiatan yang biasa kamu lakukan, tetapi kurang penting untuk dilakukan. Hal ini akan bisa membantu kamu dalam meringankan beban mental.

Pentingnya manajemen waktu

peran penting manajemen waktu

Setiap orang yang pandai dalam kelola waktu sudah pasti akan lebih dekat dengan kesuksesan. Tidak harus selalu identic dengan sukses dalam bekerja, kamu bisa saja sukses dalam menjalin komunikasi dengan teman, orangtua, pasangan, dan juga anak-anak. Mereka semua sudah pasti akan memerlukan perhatian dan kehadiran kamu.

Berdasarkan survei dari Finally Family Homes, sebagian besar mahasiswa buruk dalam melakukan kelola waktu dan 88% menginginkan untuk mengembangkan kemampuan dalam mengatur waktu. Kamu juga pasti sudah paham bahwa seorang mahasiswa juga sudah masuk dalam kategori orang dewasa. Apalagi orang yang sudah bekerja, sudah pasti akan perlu pengelolaan waktu yang baik.

Manajemen waktu yang baik memang harus bisa dimiliki oleh semua orang bukan setelah membaca artikel ini. Kamu yang belum bisa mengatur waktu dengan baik perlu mengikuti secara runtut seluruh tips dan pakai aplikasi manajemen waktu yang bisa bantu kamu untuk mengelola waktu untuk setiap aktivitas kamu. Informasi ini bisa kamu sebarkan ke teman maupun keluarga yang memerlukan juga.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment