Di jaman yang serba modern ini, promosi produk sudah banyak yang mulai menggunakan website melalui internet. Cara-cara ini biasa disebut dengan beberapa istilah berikut ini.

  • SEO (Search Engine Optimization).
  • SEM (Search Engine Marketing).
  • Content Marketing.

Apa saja pengertian dari masing-masing istilah tersebut dan bagaimana cara menggunakannya?

Promosi Produk dengan Teknik SEO

SEO adalah teknik optimasi website yang dilakukan untuk bisa mendapatkan lebih banyak pembeli yang datang dari beberapa search engine, seperti Google, Bing, dan Yahoo! tanpa harus membayar iklan.

Teknik SEO sendiri dianggap paling efektif karena tidak memerlukan biaya terlalu banyak dan tingkat potensi user bisa menjadi pelanggan paling tinggi.

Tidak heran ada banyak perusahaan yang mulai mempromosikan produknya di website melalui teknik SEO.

Google Search Engine adalah tempat paling banyak digandrungi oleh pelaku bisnis. Bagaimana tidak, dari 110 juta pengguna internet di Indonesia, 98% dari mereka selalu menggunakan Google sebagai tempat untuk mencari informasi, produk, dan jasa.

Apakah Mudah Promosi Produk Menggunakan Website dengan Teknik SEO?

Hal ini tentu tidak mudah untuk dilakukan, perlu upaya mempelajari SEO, mulai dari on-page SEO, off-page SEO, hingga teknikal SEO.

Semuanya dilakukan secara bertahap dan biasanya perlu waktu hingga 3 bulan sampai website tersebut benar-benar mendapatkan pengunjung.

Tidak lupa juga konsistensi dari pemilik websitenya. Karena, SEO adalah teknik digital marketing yang harus dilakukan secara konsisten.

Oleh sebab itulah, SEO seringkali disebut dengan investasi jangka panjang.

Contoh Hasil Promosi Produk dengan SEO

Mengenai hasilnya sendiri bisa dilihat dari seberapa banyak produk yang dijual mampu muncul menjadi urutan pertama dalam hasil pencarian mesin pencari Google.

Seperti yang terjadi pada gambar di bawah ini. Niagahoster berhasil menduduki peringkat pertama untuk kata kunci “jasa pembuatan website”.

contoh promosi dengan teknik seo

Ini artinya Niagahoster memiliki kesempatan paling besar untuk mendapatkan pembeli pertama yang mencari jasa pembuatan website di Google.

Promosi Produk dengan Teknik SEM

Cara promosi produk di website yang kedua disebut dengan SEM. Konsepnya kurang lebih sama dengan SEO, yaitu mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Namun, SEM tidak membutuhkan optimasi pada websitenya. Melainkan membutuhkan budget iklan yang harus dikeluarkan setiap hari.

SEM dapat dijadikan sebagai alternatif sebuah perusahaan yang belum mampu menduduki peringkat pertama di mesin pencari. Sehingga memutuskan untuk membayar pihak mesin pencari untuk menampilkan websitenya berada di halaman pertama.

Promosi dengan SEM Membutuhkan Biaya

Setiap halaman website yang muncul di halaman pertama dengan teknik SEM harus membayar kepada pihak mesin pencari.

Biaya dari pembayaran tersebut bermacam-macam sesuai dengan seberapa banyak potensi pelanggannya dan seberapa besar tingkat kompetisinya di internet.

Semakin besar potensi dan kompetisinya, semakin mahal juga biaya teknik SEM-nya. Semua biaya dihitung berdasarkan impresi, dan klik.

Bagi yang belum paham, impresi adalah seberapa sering iklan kita muncul di mesin pencari. 100 impresi bisa jadi terhitung dari 1 user.

Contoh Promosi di Website Menggunakan Teknik SEM

Contoh kasus promosi di website menggunakan teknik SEM bisa dilihat melalui kata kunci “jasa pembuatan website” lagi. Namun, yang muncul pertama dengan label “Iklan” lah yang disebut SEM seperti pada gambar di bawah ini.

contoh promosi dengan teknik sem

Terlihat jelas pada gambar di atas bahwa Kalomang berada di urutan pertama mesin pencari dengan label “Iklan”.

Promosi Produk dengan Teknik Content Marketing

Cara ini biasanya terjadi pada website berita dan blog. Mereka mengandalkan konten artikel sebagai salah satu cara untuk mempromosikan produknya kepada user.

Harapannya setelah user melihat konten artikel tersebut, user akan tertarik untuk membeli produknya. Bahkan, meskipun mereka belum pernah melihat bentuk fisiknya.

Kesimpulan

Promosi produk yang menggunakan website disebut digital marketing dengan istilah SEO, SEM, dan Content Marketing. Semuanya bisa dijalankan secara bersama-sama tergantung dari kebutuhan perusahaan.

Semakin cepat perusahaan beradaptasi dan menerapkannya, semakin banyak pula kemungkinan jumlah pembeli / pelanggan yang akan mereka dapatkan.

Semoga dengan artikel ini, kamu bisa terbantu untuk memahami apa saja istilah untuk berpromosi di website. Bila ada penjelasan yang masih kurang bisa dipahami, silahkan tinggalkan pertanyaanmu di kolom komentar yang sudah tersedia.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment