Banyaknya skill pekerjaan yang bisa diselesaikan tanpa harus menjadi karyawan di suatu perusahaan, membuat semakin banyak situs freelancer bermunculan di dunia, terutama Indonesia. Semuanya bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang secara online berdasarkan skill yang kamu miliki.

Beberapa orang sudah membuktikan bahwa mereka bisa mengalahkan gaji karyawan hanya dengan menjadi freelancer. Bahkan, beberapa diantaranya mampu membuka peluang usaha menjadi digital agency bersama freelancer lainnya.

Tertarik untuk join bersama salah satu situs freelancer terpercaya? Simak terus artikel berikut ini.

5 Situs freelancer rame dan mahal di Indonesia

Berikut adalah daftar situs freelancer terpercaya untuk beberapa bidang ilmu, seperti desain grafis, penulisan, pembuatan website, digital marketing dan lainnya:

1. Sribulancer

sribulancer

Siapa yang belum tahu Sribulancer? Situs freelancer pertama di Indonesia ini menyediakan beragam bidang ilmu untuk kamu yang ingin mendapatkan pekerjaan secara online. Situs yang identik dengan warna biru ini pernah dijadikan tempat hiring freelancer oleh beberapa perusahaan besar di Indonesia, seperti Intiland, dan Grab.

Berikut adalah urutan skill yang paling laris di Sribulancer:

  • Penulisan artikel
  • Desain grafis
  • Pembuatan website
  • Fotografi dan video
  • Jasa SEO

2 fitur badge dan harga masuk akal

Melalui situs Sribulancer inilah, kamu bisa menjadi freelancer yang memiliki 2 badge berbeda sesuai fungsinya. Pertama, badge “verified freelancer” tanda bahwa freelancer sudah diverifikasi melalui proses interview karyawan internal Sribulancer. Kedua, badge “trusted freelancer” yang artinya kamu adalah freelancer yang sudah menyelesaikan lebih dari 7 job dengan review di atas 4.5/5.0.

Harga yang ditawarkan oleh klien yang datang ke Sribulancer juga nggak terlalu murah, artinya kamu masih bisa mendapatkan pekerjaan online dengan bayaran yang masih pada standar masuk akal.

Lowongan pekerjaan penulis online misalnya, untuk satu pekerjaan ini minimal kamu bisa mengantongi uang sebesar Rp50.000,- untuk setiap 500 – 700 kata.

Akan tetapi, sulitnya persaingan di Sribulancer karena faktor 2 badge di atas membuat kamu yang baru mau join akan merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Butuh sedikit inovasi dalam menghiasi halaman profil kamu agar terlihat sangat menarik bagi klien, serta inovasi pada cover letter dan portofolio yang kamu kirim ketika menawar pekerjaan yang klien posting di sana.

Nggak ada salahnya untuk mencoba terlebih dahulu. Tawarkan keahlian penting kamu, dan buatlah mereka tertarik. Semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan pertama di Sribulancer.

2. Projects.co.id

projects

Situs freelancer yang kedua adalah Projects.co.id, situs yang menyediakan beraneka ragam pekerjaan online dengan harga terjangkau (bahkan, di bawah rata-rata). Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2013 dengan jumlah freelancer hingga saat ini sudah puluhan ribu lebih. Sudah banyak orang membuktikan, situs ini bisa diandalkan untuk menjadi batu loncatan mendapatkan lebih banyak portofolio untuk mengasah skill dan kemampuan.

Tampilan jadul. Tapi punya banyak fitur

Meski dari dulu hingga sekarang Projects.co.id memiliki tampilan yang super jadul, banyak freelancer dan klien yang mengabaikannya. Pasalnya, tampilan jadul itu tertutup oleh fiturnya yang lebih fleksibel dibandingkan dengan Sribulancer.

Beberapa fitur di Projects.co.id:

  • Klien posting job
  • Klien hire freelancer langsung
  • Klien meng-arbitrase freelancer
  • Freelancer posting proyek

3. Fastwork

fastwork

Satu lagi situs freelancer yang ada di Indonesia adalah Fastwork. Fastwork adalah situs freelancer paling muda di Indonesia. Asalnya, Fastwork ada di negara Thailand, lalu berkembang ke Indonesia.

Freelancer terverifikasi KTP

Meski usia Fastwork di Indonesia masih muda, produk dan pelayanan Fastwork nggak kalah bagusnya dengan para pesaingnya. Fitur posting produk misalnya, freelancer dipersilahkan untuk membuat produk/proyek sebanyak2nya dengan paket yang sangat customize. Dalam satu produk tersebut, freelancer bisa menambahkan paket harga, langkah pekerjaan, serta fitur negosiasi.

Karena freelance adalah pekerjaan yang bisa diselesaikan dimana saja dan kapan saja. Tentu, ada peluang dimana freelancer kabur tanpa kabar meski sudah mendapatkan uang pembayaran jasa. Hal ini, Fastwork siasati dengan wajib memverifikasi KTP dan email seluruh freelancer. Sehingga, nggak akan ada lagi kekhawatiran dalam setiap transaksi antara klien dengan freelancer.

4. Fiverr

fiverr

Kamu sudah expert dan bisa bahasa Inggris? Kamu bisa coba situs freelancer yang satu ini.

Fiverr adalah salah satu situs freelancer yang sudah terbukti bisa menghidupi banyak sekali orang hanya dengan cara bekerja secara online. Tapi, sudah seperti yang saya bilang, kamu harus bisa bahasa Inggris.

Karena klien yang berada di situs ini rata2 dari luar negeri, kamu harus rela begadang setiap malam demi bisa mendapatkan jobs terbaru. Hal ini tentu diakibatkan karena perbedaan zona waktu antara Indonesia dengan berbagai negara lainnya di dunia.

Buka agency di Fiverr

Satu hal unik yang bisa kamu lakukan di Fiverr adalah kamu bisa membuat agency bareng bersama dengan freelancer lainnya yang ada di Fiverr.

Dengan profile agency inilah, kamu bisa mendapatkan pekerjaan online lebih mudah dan cepat. Namun, ada beberapa persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu.

5. 99designs

99designs

Situs freelancer internasional ketiga yang terkenal juga di Indonesia adalah 99designs. Ini merupakan tempat terbaik bagi para desainer untuk mendapatkan uang tambahan.

Ada 4 paket pada masing-masing kategori kontes desain yang disediakan oleh 99designs. Jasa desain logo misalnya, klien bisa 4 paket berikut:

  • Bronze: $299 (Rp4 juta)
  • Silver: $499 (Rp7 juta)
  • Gold: $899 (Rp12 juta)
  • Platinum: $1.299 (Rp18 juta)

Cukup menarik, kan? Setiap menang 1x kontes desain di 99designs, minimal kamu bisa mengantongi uang Rp4 juta.

Harga mahal, persaingan ketat

Sebagai situs freelancer desain grafis yang sudah berdiri sejak tahun 2001, 99designs memiliki kompetisi yang sangat ketat pada setiap kontes yang diselenggarakan. Ada ribuan desainer dari seluruh penjuru dunia yang harus kamu hadapi disini.

Meski begitu, bukan nggak mungkin kamu bisa menang disini. Sudah ada banyak desainer freelance dari Indonesia yang mampu membuktikan desain mereka layak dan jadi juara. Mereka, sudah membagikan tips menang di 99designs di channel Youtube mereka masing-masing. Kamu bisa lihat disana, untuk cari tahu lebih dalam cara kerja 99designs.

###

Di era yang serba digital ini, kemampuan untuk bersaing dengan orang lain untuk mencari rejeki sangatlah dibutuhkan.

Bisa kita lihat pada 5 daftar situs freelancer di atas. Kamu bisa mencari dan mendapatkan uang dimanapun, dan kapanpun secara online. Asalkan memiliki kemampuan dan portofolio untuk bersaing dengan lainnya.

Selamat berlatih dan bersaing. Semoga bisa mendapatkan pekerjaan pertama kamu menjadi freelancer.

Author

Tech Savvy. Voracious reader. Digital Marketer.

Write A Comment