Kita hidup di jaman yang mengandalkan citra pengoptimalan konten sosial media semenarik mungkin agar terlihat lebih kreatif dan pintar mengolah gambar menjadi suatu media yang unik untuk diikuti.

Katakanlah, Instagram dan Facebook. Kedua sosial media ini mengandalkan foto, gambar dan video, dan jika kamu ingin mendapatkan banyak followers Instagram, ketiga media tersebut harus disajikan dalam tampilan yang menarik seperti gambar di bawah ini.

contoh instagram kreatif dengan mengoptimalkan ukuran dan rasio

Bagaimana bisa membuat konten seperti itu? Tentu, hal pertama yang harus diasah adalah kreativitas dan imajinasi otak kita masing-masing. Kedua, kamu harus mengetahui berapa saja ukuran foto Instagram beserta rasionya agar mendapatkan komposisi tampilan yang semenarik gambar di atas.

1. Ukuran foto dan video Instagram di feed

Mari bahas satu persatu elemen yang ada di Instagram. Pertama kali yang wajib diketahui adalah bagian elemen feed. Karena, elemen feed adalah elemen yang paling pertama dilihat sebelum masuk ke bagian detail lain dan story.

Feed di Instagram sebenarnya mendukung 3 rasio gambar yang optimal untuk ditampilkan. Ketiga-tiganya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini.

rasio dan ukuran foto di instagram feed

Masing-masing rasio foto dan video di Instagram adalah:

  • Rasio 1:1
  • Rasio 1:1.91
  • Rasio 4:5

Jika dikonversi ke dalam ukuran lain yang paling umum digunakan, yaitu pixel dan centimeters.

Ukuran foto di Instagram menggunakan pixel dan centimeters menjadi seperti berikut:

  • Rasio 1:1 (1080 x 1080 px) atau (28.575 x 28.575 cm)
  • Rasio 1:1.91 (1080 x 608 px) atau (28.575 x 16.086666667 cm)
  • Rasio 4:5 (1080 x 1350 px) atau (28.575 x 35.71875 xm)

Rasio dan ukuran foto Instagram di atas sangat optimal untuk kamu gunakan di dalam feed.

2. Ukuran foto dan video Instagram di stories

Banyak orang yang belum paham bahwa ukuran foto Instagram di dalam feed dan stories adalah berbeda. Mereka asal share foto di feed ke dalam stories tanpa editing sama sekali.

Tentu, melihat postingan di atas menjadikannya terlihat kurang profesional dan persiapan. Hal ini akan berbeda jika kamu menggunakan rasio dan ukuran foto Instagram story menggunakan ukuran di bawah ini:

rasio dan ukuran foto di instagram live

Ukuran foto Instagram serta video stories:

  • Rasio 9:16 (1080 x 1920 px) atau (28.575 x 50.8 cm)

Hanya ada satu rasio dan ukuran Instagram story? Jika kamu ingin mendapatkan hasil postingan yang optimal, tentu jawabannya Ya, memang hanya ada satu.

Tapi, seperti yang kita ketahui, Instagram adalah sosial media yang menarik. Kamu bisa posting ukuran Instagram story berapapun rasionya. Pengaruhnya hanya terlihat pada ukuran postingan kamu nggak full menutupi satu layar HP followers.

Tinggal bagaimana kreativitas kamu menggunakan aplikasi edit foto untuk menghasilkan postingan Instagram story yang menarik dengan berbagai ukuran.

3. Ukuran video IGTV

Elemen yang ketiga dalam Instagram adalah IGTV. Sebenarnya, rasio dan ukuran IGTV mirip dengan Instagram stories.

Hanya saja, IGTV mendukung dua tampilan yang berbeda, yaitu horizontal dan vertikal. Kedua-duanya disajikan agar kamu bisa dengan leluasa memilih tampilan mana yang paling cocok untuk menampilkan konten video kamu.

rasio dan ukuran foto di IGTV

Rasio dan ukuran IGTV, baik horizontal maupun vertikal adalah sebagai berikut:

  • Rasio 9:16 (1080 x 1920 px) atau (28.575 x 50.8 cm)
  • Rasio 16:9 (1920 x 1080 px) atau (50.8 x 28.575 cm)

4. Ukuran video Instagram Live

Elemen yang satu ini nggak perlu dibahas panjang lebar. Bukan karena nggak menarik untuk dibahas.

Tapi, karena rasio dan ukuran video Instagram Live adalah sama dengan Instagram stories dan biasanya siapapun yang menayangkan video Instagram Live akan secara otomatis menampilkan ukuran yang paling optimal.

rasio dan ukuran foto di instagram live

Ukuran video Instagram Live:

  • Rasio 9:16 (1080 x 1920 px) atau (28.575 x 50.8 cm)

5. Ukuran gambar atau foto profil Instagram

Kecil, jarang dibahas orang lain, tapi sebenarnya krusial. Inilah foto profil Instagram.

Kenapa menjadi krusial dan penting untuk dilihat? Karena, foto profil adalah impresi pertama yang calon followers kamu lihat sebelum mereka masuk ke dalam profil Instagram kamu.

Ingat, nggak semua calon followers mengetik username Instagram kamu di kolom pencarian dan langsung masuk ke dalam profil.

Sebagian dari mereka melihat atau mendengar kamu melalui menu explore, dimana menu tersebut hanya akan menampilkan salah satu konten Instagram kamu, username Instagram dan jumlah engagement-nya.

Bukan hanya konten saja yang biasanya mereka lihat, tapi icon kecil seperti foto profil di pojok kiri atas juga diperhatikan. Tentu kamu nggak mau memasang foto profil yang stretch, kan? Karena akan terlihat gepeng dan nggak menarik.

Oleh sebab itulah, sebaiknya kamu gunakan ukuran foto profil yang tepat dan pas seperti gambar di bawah ini.

rasio dan ukuran foto profil instagram

Ukuran foto profil Instagram:

  • 320 x 320 px atau 8.466666667 x 8.466666667 cm

That’s it! Ukuran foto Instagram beserta rasio yang pas.

Kreativitas dan imajinasi kamu akan tetap menjadikan Instagram feed kamu terlihat berantakan kalau nggak memakai rasio dan ukuran yang tepat.

Gunakanlah kombinasi rasio dan ukuran foto Instagram di atas, dan berusahalah terus untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung dan followers Instagram dengan optimal.

Ada ukuran foto Instagram lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Digital Marketer. SEO Specialist. Content Marketer.

Write A Comment