Semakin banyak media besar yang meliput dunia video game di beberapa tahun terakhir ini, kamu pasti tidak asing jika mendengar istilah Esports. Masih banyak orang yang belum tau betul apa itu Esports, apalagi sekarang Esports Indonesia semakin besar dan berkembang.

Istilah Esports ini memang baru dan masih banyak orang belum tahu betul apa arti sesungguhnya dari Esports. Pada artikel ini, saya akan memberikan informasi dan pengertian mengenai Esports sampai bagaimana membentuk tim esports sendiri.

Apa Itu Esports?

Esports adalah singkatan dari Electronic Sports, yaitu kegiatan olahraga dimana game merupakan media yang digunakan sebagai bidang kompetitif dan dimainkan oleh orang-orang yang sudah profesional. Biasanya para profesional ini akan dikontrak oleh sebuah tim atau organisasi yang berbeda-beda dan bertanding pada turnamen dengan hadiah besar.

Namun bukan hanya sebagai pemain profesional saja kamu bisa mencicipi dunia Esports, karena masih banyak profesi lain ketimbang jadi seorang pemain pro. Kamu bisa menjadi crew, manegement tim atau organisasi, atau bisa jadi caster game. Esports sendiri memang menjadi lapangan pekerjaan baru yang cukup menjanjikan di jaman sekarang.

5 Tim Esports Besar di Indonesia

Mau lebih kenal tentang Esports? Berikut ini 5 Tim Esports Indonesia yang punya nama besar dan memiliki prestasi gemilang baik dalam negeri sampai luar negeri.

1. Aerowolf

aerowolf esports

Yang pertama ada team Aerowolf yang namanya sudah tidak diragukan lagi jadi salah satu team Esports besar yang sudah mengantongi banyak prestasi. Divisi yang ada juga beragam mulai dari platform PC seperti PUBG, CSGO. Lalu dari platform mobile yaitu Free Fire, PUBG Mobile, dan Mobile Legends.

Di Aerowolf divisi PUBG baru-baru ini juga menjuarai salah satu turnamen besar yaitu PMPL Indonesia Season 2 dengan meraih peringkat 1 dan lolos ke PMPL Sea. Di PMPL Sea juga berhasil meraih peringkat 2 dan berhak mendapatkan slot untuk tampil di PMGC Season 0. Ada banyak prestasi lain yang juga tidak kalah membanggakan.

2. Bigetron

bigetron esports

Bigetron pertama kali terkenal oleh banyak orang lewat game League of Legends, dan sekarang sudah banyak divisi lain yang tidak kalah kompetitif seperti Mobile Legend, PUBG Mobile, Free Fire. Setiap Divisi yang dimiliki Bigetron sudah mendapatkan banyak prestasi gemilang baik dalam negeri sampai luar negeri khususnya di SEA.

Terutama pada divisi PUBG Mobile, bigetron sudah mendapatkan prestasi gemilang di kancah dunia dengan menjuarai PMCO – Fall Split Global Finals dengan total hadiah sebesar $205.000. Dan baru – baru ini mereka juga menjuarai PMWL 2020 Season 0 East dan mendapatkan slot untuk melaju ke PMGC 2020 Season 0.

3. BOOM Esports

boom esports

Tim BOOM Esports ini adalah satu-satunya tim yang masih fokus pada game Dota 2, dimana sekarang Dota 2 memang kurang diminati khususnya di Indonesia. Selain divisi Dota 2, ada divisi lain yang dimiliki BOOM ID yaitu mula idari tim Free Ire, CSGO, Apex Legends, dan PUBG Mobile.

Tim utama BOOm ID dari divisi Dota 2 sudah banyak mendapatkan prestasi gemilang untuk Indonesia, salah satunya adalah menjuarai ESL Indonesia Championship Season 1 dan juga lolos ke turnamen Internasional Dota PIT Minor 2019, The Bucharest Minor, StarLadder Imbatv Dota 2, dan turnamen SEA lainnya.

4. RRQ

rrq esports

RRQ adalah salah satu tim Esports tertua yang ada di Indonesia karena tim ini sudah terbentuk sejak zaman adanya game Dota 1. Sekarang RRQ atau Rex Regum Qeon sudah semakin besar dan memiliki banyak divisi seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire.

Bahkan untuk bisa mendapatkan prestasi yang lebih gemilang, RRQ juga mengembangkan cabang mereka sampai negara Thailand. Mereka membuat team PUBG Mobile yang berisikan pemain dari negara Thailand dengan nama RRQ ATHENA yang sudah menjuarai banyak turnamen besar PUBG Mobile.

5. EVOS Esports

Sama halnya seperti RRQ dan juga BOOM Esports, EVOS adalah tim yang juga sudah cukup tua di Indonesia dan awal terbentuknya juga fokus pada game Dota 2 dengan nama Zero Latitude. Sekarang Evos semakin besar namanya dan sudah memiliki banyak divisi mulai dari PUBG Mobile, Mobile Legends, dan Free Fire.

Prestasi yang sudah diraih Evos Esports mulai dari menjadi Runner-up MPL Season 1 dan menjadi Juara MPL Season 2 di game Mobile Legends. Dari divisi Free Fire berhasl menjuarai World Cup di tahun 2019. Di game Dota 2 sendiri, sudah pernah lolos berbagai turnamen internasional walaupun sekarang divisi dota sudah tidak ada lagi.

Tips Membuat Tim Esports Sendiri

Sekarang banyak orang atau organisasi yang tertarik membuat sebuah Tim Esports sendiri. Mulai dari perusahaan sampai artis di Indonesia sudah mulai terjun di dunia Esports. Berikut ini adalah beberapa Tips membuat Tim Esports.

1. Menemukan Rekan Tim

Hal pertama yang harus kamu persiapkan sebelum membuat tim esport sendiri sudah pasti adalah rekan tim. Mungkin kebanyakan dari kamu pasti memilih rekan tim dari teman atau kerabat dekat saja, padahal sebenarnya kamu bisa menemukan rekan tim yang lebih ideal dan punya niat kuat berkembang di dunia esport lewat banyak hal.

Kamu bisa memanfaatkan media esports lain seperti mulai dari Instagram, media esports lain, dan bisa juga dari teman mabar di dunia maya. Namun alangkah baiknya, kamu langsung menghubungi dan berkenalan secara langsung. Utamakan mencari rekan tim yang benar-benar serius di dunia Esports.

2. Menetapkan Target dan Tujuan Tim

Tips kedua yang perlu kamu perhatikan setelah membentuk sebuah tim adalah dengan menetapkan target serta tujuan yang harus dicapai oleh tim mu. Tanpa adanya target serta tujuan yang jelas, kedepannya tim tidak akan berkembang dengan benar.

Tidak harus langsung menjuarai turnamen untuk bisa berkembang. Yang utama adalah pengalaman yang harus kamu cari lebih dulu dari banyak turnamen yang tim kamu ikuti, dan anggap juara adalah bonus yang bisa jadi motivasi lain agar tim mu semakin semangat untuk berkembang.

3. Banyak Mengikuti Kompetisi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya pada poin kedua, dimana pengalaman sangat penting untuk mengembangkan tim esport kamu. Mengikuti banyak kompetisi akan membuatmu jadi lebih tau tentang kerasnya dunia kompetitif esports. Mau kalah atau menang, pasti akan banyak pengalaman yang kamu dapatkan.

Ikuti setiap kompetisi yang bisa kamu ikuti, mau itu kompetisi kecil sampai kompetisi besar sama saja. Selain itu dengan mengikuti banyak kompetisi, kamu juga bisa berlatih dan menguatkan mental tim esports kamu. Dijamin tim mu akan semakin solid dan dapat bersaing dengan tim-tim esports lainnya.

###

Demikian artikel mengenai Esports ini mulai dari pengertian sesungguhnya dari Esports sendiri sampai tips bagaimana membentuk tim Esports sendiri. Semoga bisa menambah informasi baru dan bisa bermanfaat buat kamu semua.

Author

Ordinary young man

Write A Comment