Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat perkembangannya, menjadikan banyak tugas maupun pekerjaan bisa dilakukan secara cepat dan mudah. Salah satunya adalah aplikasi scan dokumen, dimana sekarang melakukan scanning dokumen tidak perlu repot harus menggunakan mesin scan yang harganya terbilang tidaklah murah.

Buat kamu pengguna Android, banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk scan dokumen cepat tanpa ribet, yang dapat kamu download di Google Play Store. Apalagi hasil dari aplikasi scan terbilang punya kualitas yang baik dan dapat bersaing dengan hasil scan dari mesin scanner.

7 Aplikasi untuk Scan Dokumen Terbaik di Android

Berikut ini daftar aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk scan dokumen penting anti ribet dan cepat prosesnya:

1. Adobe Scan

adobe scan - aplikasi scan dokumen android

Di daftar pertama ada Adobe Scan yang sudah dirilis pada tahun 2017, yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Kamu bisa scan banyak dokumen dengan aplikasi ini, dan bisa kamu simpan dengan format PDF. Kamu juga bisa membagikan hasil scan dengan fitur share yang tersedia.

Ada beberapa fitur yang membuat Adobe Scan ini jadi spesial, yaitu kemampuannya dalam memilih teks di dokumen yang kamu scan. Namun sayangnya, aplikasi ini terbilang berat serta fitur yang diberikan tidak terlalu ramah bagi sebagian pengguna.

KeteranganAdobe Scan: PDF Scanner with OCR, PDF Creator
Ditawarkan olehAdobe
KategoriBisnis
Ukuran96 MB
Jumlah instal50.000.000+
Perlu sistem operasi6.0 dan atasnya
Ulasan4.7/5 dari 1,2 Juta review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

2. Microsoft Office Lens

microsoft office lens - aplikasi scan dokumen android

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengkonversi objek seperti foto atau gambar menjadi file dengan format PDF, PPT, dan juga Word. Kamu juga bisa menyimpan file hasil scan ke OneDrive yang memang tersedia di fitur Save file, yang membuat pengguna bisa lebih nyaman menggunakan aplikasi ini.

File yang sudah kamu scan nantinya otomatis bisa dikenali dengan teknologi OCR. Dengan teknologi OCR, kamu dapat mencari kata tertentu menjadi gambar dan bisa disalin ataupun diedit. Aplikasi ini juga meraih penghargaan Best Apps di tahun 2015 yang diberikan oleh Google Play.

KeteranganMicrosoft Office Lens – PDF Scanner
Ditawarkan olehMicrosoft Corporation
KategoriProduktivitas
UkuranBervariasi sesuai device
Jumlah instal10.000.000+
Perlu sistem operasi6.0 dan atasnya
Ulasan4.7/5 dari 600 ribu review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

3. Easy Scanner

easy scanner - aplikasi scan dokumen android

Aplikasi ini terbilang ringan, karena ukuran dari aplikasi ini hanya sekitar 25 MB saja, dan sudah lebih dari 500 ribu pengguna yang mengunduh aplikasi ini di Android. Fitur yang tersedia cukup lengkap dan juga penggunaannya mudah sekali.

Saat scan dokumen, kamu bisa menyimpan file dengan format JPEG dan juga PDF. Jadi buat kamu yang ingin scan dokumen tanpa ribet wajib coba aplikasi satu ini. Walaupun aplikasinya ringan, tapi tidak menurunkan kualitas dari hasil scannya.

KeteranganEasy Scanner – Kamera ke PDF
Ditawarkan olehBfery
KategoriBisnis
Ukuran38 MB
Jumlah instal1.000.000+
Perlu sistem operasi5.0 dan atasnya
Ulasan4.6/5 dari 21 ribu review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

4. Cleaner Scan

clear scan - aplikasi scan dokumen android

Di urutan ke 4 aplikasi scan dokumen terbaik di Android anti ribet ada Clean Scan. Sudah lebih dari 5 juta unduhan yang ada di Google Play Store, membuat aplikasi ini pastinya cukup menjanjikan dengan hasil scan yang berkualitas.

Aplikasi ini termasuk ringan dan juga pengoprasiannya mudah sekali di lakukan. Ada berbagai format yang dapat kamu pilih untuk menyimpan hasil scan dokumen, yaitu format PDF dan juga JPEG. Kamu juga dapat mengatur kecerahan, menghilangkan objek, serta mengatur posisi gambar/hasil scan dokumen kamu.

KeteranganClear Scan: Free Document Scanner App,PDF Scanning
Ditawarkan olehIndy Mobile App
KategoriBisnis
Ukuran19 MB
Jumlah instal10.000.000+
Perlu sistem operasi4.2 dan atasnya
Ulasan4.7/5 dari 242 ribu review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

5. CamScanner

camscanner - aplikasi scan dokumen android

Walaupun sempat dihapus oleh pihak Google Play dikarenakan adanya isu yang beredar bahwa CamScanner terinfeksi malware, tapi sekarang sudah rilis kembali dengan banyak perbaikan serta fitur baru.

Kamu bisa melakukan scan dokumen yang berbentuk kertas, tulisan yang ada di papan tulis dengan mudah dengan hanya memotret saja. Setelah melakukan scan, kamu juga dapat menyimpan hasilnya dengan format PDF atau JPEG.

KeteranganCamScanner: scan ke PDF, Word, Excel, Foto, gratis
Ditawarkan olehINTSIG Information Co., Ltd.
KategoriProduktivitas
UkuranBervariasi sesuai device
Jumlah instal100.000.000+
Perlu sistem operasiBervariasi sesuai device
Ulasan4.7/5 dari 3 juta review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

6. Tiny Scanner

tiny scanner - aplikasi scan dokumen android

Di nomor 6 ada aplikasi bernama Tiny Scanner yang juga tidak kalah bagus dari daftar sebelumnya yang dibuat oleh developer Beesoft Apps. Kamu dapat scan dokumen seperti tulisan, foto, laporan kerja/tugas, sampai kwitansi/nota. Waktu scan dokumen juga terbilang cepat.

Hasil dari scan yang kamu lakukan juga bisa disimpan dengan berbagai format seperti PDF dan juga JPEG. Ada juga fitur tambahan seperti mengatur kecerahan, merotasi, memotong file yang membuat hasil scan kamu jadi lebih rapi.

KeteranganTiny Scanner – PDF Scanner App
Ditawarkan olehBeesoft Apps
KategoriBisnis
Ukuran19 MB
Jumlah instal10.000.000+
Perlu sistem operasi4.1 dan atasnya
Ulasan4.7/5 dari 438 ribu review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

7. Fast Scanner

fast scanner - aplikasi scan dokumen android

Dan di daftar nomor 7 atau yang terakhir ada Fast Scanner yang dibuat oleh developer Cool Mobile Solution. Seperti namanya, kamu dapat melakukan scan dokumen sangat cepat, yang membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat selesai juga. Selain itu ukuran file aplikasi ini terbilang kecil yaitu hanya sebesar 8 MB saja.

Walaupun ukuran file aplikasi kecil, namun hasil yang didapat saat scan dengan aplikasi ini tetap memiliki kualitas yang bagus. Selain itu kamu dapat melakukan scan dokumen banyak tanpa ada batasan, dengan hasil file berformat PDF.

KeteranganFast Scanner: Pindai PDF Gratis
Ditawarkan olehCoolMobileSolution
KategoriBisnis
Ukuran17 MB
Jumlah instal10.000.000+
Perlu sistem operasi4.1 dan atasnya
Ulasan4.6/5 dari 157 ribu review (Google Play Store)
DownloadDownload disini

Itu tadi aplikasi scan dokumen yang dapat kamu manfaatkan di Android, anti ribet dan cepat proses scannya. Jadi buat kamu yang tidak punya mesin scan sendiri, cukup menggunakan HP Android saja.

Author

Ordinary young man

Write A Comment