Apakah kalian sudah tau cara untuk bisa cek tagihan listrik paska bayar yang setiap bulan harus kita bayarkan? Bila belum, pada artikel kali ini kita akan menjelaskan bagaimana cara terbaik agar kalian bisa mengecek tagihan listrik kalian. Sangat penting untuk selalu mengecek tagihan listrik setiap bulannya, karena kalian bisa menyiapkan uang terlebih dahulu sebelum jatuh tempo.

Ada 2 metode agar kalian bisa mengecek tagihan listrik kalian, yatu dengan mengecek menggunakan website dan juga dengan menggunakan aplikasi. Selain megecek tagihan listik, kalian juga bisa melihat histori pembayaran listrik kalian di bulan sebelumnya. Simak dan baca baik – baik informasi mengenai cara cek tagihan listrik ini agar kalian tidak kebingungan nantinya.

Cara Cek Tagihan Listrik Pakai Aplikasi

cara-cek-tagihan-listrik-pakai-aplikasi

Cara pertama yang akan kita jelaskan kepada kalian adalah cara mengecek tagihan listrik kalian dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang akan kita gunakan adalah aplikasi bernama PLN Mobile Online yang berbasis iOS dan juga Android.

Bagi kalian yang pengguna handphone dengan merk Apple atau yang menggunakan handphone dengan OS Android bisa mengikuti langkah ini. Aplikasi ini sudah tersedia pada App Store pada handphone iOS dan juga Playstore pada handphone dengan OS Android.

Selain untuk mengecek tagihan listrik, aplikasi ini juga bisa kalian gunakan untuk cek pemakaian kwh listrik, membeli token listrik, serta memberikan info seputar lokasi pembayaran yang melalui metode banking. Berikut ini cara mudah cek tagihan listrik dengan menggunakan Aplikasi PLN Mobilenya.

  1. Pertama, kalian unduh terlebih dahulu aplikasi PLN online yang ada di App Store atau Playstore kalian.
  2. Setelah berhasil melakukan pengunduhan serta sudah terinstal di handphone kalian, buka aplikasinya.
  3. Pada bagian awal interface aplikasi PLN Mobile Online, Cari dan pilih menu Informasi pada bagian tab menu.
  4. Setelah berhasil masuk pada bagian menu informasi, pilih bagian Menu Informasi dan Token Listrik.
  5. Masukan nomer ID Pelanggan Kalian atau bisa juga dengan Nomer Meteran Kalian.
  6. Setelah itu Klik Cari.
  7. Hasilnya, aplikasi akan menampilkan beberapa informasi mengenai status tagihan listrik kalian lengkap beserta nominal yang harus di bayarkan.

Itu tadi penjelasan lengkap bagaimana cara kita mengecek tagihan listrik kita lewat aplikasi handphone yang tersedia di App Store dan juga Playstore yang bernama Aplikasi PLN Mobile Online. Pastikan koneksi handphone kalian bagus, agar akses aplikasi cepat dan tidak terkendala.

Cara Cek Tagihan Listrik Pakai Website

cara-cek-tagihan-listrik-pakai-website

Setelah tadi kita membahas bersama bagaimana cara mengecek tagihan listrik menggunakan aplikasi mobile bernama PLN Mobile Online, kali ini kita juga akan menginformasikan metode lain bagaimana cara cek tagihan listrik pakai website. Website yang akan kita gunakan adalah website dengan alamat Cermati.com.

Bagaimana Caranya? Begikut kalian simak baik – baik setiap langkahnya agar paham dan bisa melakukan pengecekan tagihan listrik via website dengan benar.

  1. Buka atau akses terlebih dahulu situs cermati.com (www.cermati.com).
  2. Setelah berhasil masuk pada website, kalian cari dan pilihlah menu top up dan tagihan.
  3. Pada bagian menu top up dan tagihan, pilih lagi menu cek tagihan listrik.
  4. Pilih tagihan dan masukan nomer ID pelanggan atau nomer Meteran kalian.
  5. Setelak mengklik cek, nanti situs akan menampilkan informasi seputar tagihan listrik kalian secara lengkap beserta nominal yang harus di bayarkan.

Itu tadi beberapa penjelasan lengkap bagaimana cara kita mengecek tagihan listrik dengan metode via website cermati.com. Jika kalian mengikuti semua langkah dengan benar, kalian akan berhasil dan bisa mengecek berapa nominal tagihan listrik kalian yang harus di bayarkan.

Kenapa Harus Cek Tagihan Listrik Secepatnya?

Kenapa-Harus-Cek-Tagihan-Listrik-Secepatnya

Mungkin masih banyak yang bertanya – tanya, kenapa kita harus mengecek setiap saat tagihan listrik yang harus kita bayarkan setiap bulannya? Pertanyaan ini sering muncul dari orang – orang yang belum tau pentingnya mengecek tagihan listrik. Berikut ini beberapa penjelasan yang mengharuskan kalian mengecek tagihan listrik secepatnya dan secara rutin perbulan.

  1. Bisa Menyiapkan Uang Terlebih dahulu Sebelum Jatuh Tempo
    Alasan pertama kita harus selalu mengecek tagihan listrik kita secepatnya adalah agar kita bisa tahu berapa nominal yang harus di bayarkan dan juga bisa menyiapkan uangnya terlebih dahulu sebelum jatuh tempo. Hal ini agar nantinya, kalian bisa siap dan bisa membayar tagihan tanpa melewati jatuh tempo, yang mana bisa mengakibatkan kalian untuk membayar denda karena telat bayar tagihan listrik.
  2. Mengecek Penggunaan Listrik Kita
    Salah satu keuntungan yang bisa kalian dapatkan bila selalu mengecek tagihan listrik secepatnya dan rutin adalah kalian bisa mengecek atau melihat penggunaan listrik kalian. Kalian bisa melihat penggunaan kwh listrik perhari, apakah terlihat boros atau malah semakin irit. Dengan begitu, kontrol pengguaan listrik akan lebih aman dan bisa hemat biaya.

Dimana Kita Bisa Membayar Tagihan Listrik?

Dimana-Kita-Bisa-Membayar-Tagihan-Listrik

Mungkin pada umumnya kalian hanya membayar tagihan listrik pada gerai resmi PLN atau biasanya datang langsung ke kantor PLN. Padahal, sudah banyak sekali tempat atau sarana lain yang bisa melayani pembayaran tagihan listrik kita. Berikut ini beberapa tempat atau lokasi yang bisa di datangi untuk membayar tagihan listrik kita.

  1. Bayar di ATM BNI, BRI, Mandiri dan juga BCA
    Tempat pertama atau sarana pertama yang bisa melayani kita dalam pembayaran tagihan listrik adalah di mesin ATM. Di mesin ATM bank yang memang sudah bekerja sama dengan PLN ini bisa melakukan pembayaran tagihan dengan cara masuk ke menu “ Pembayaran “ -> pilih menu “ Listrik/PLN “  masukan nomer meteran / ID pelanggan -> klik bayar dan tagihan sudah berhasil di bayarkan.
  2. Di Mini Market Seperti Indomart atau Alfamart
    Tempat selanjutnya yang bisa kalian datangi untuk membayar tagihan listrik kalian adalah mini market yang sudah sangat terkenal yaitu Indomart dan juga Alfamart. Kalian cukup membawa struk pembayaran sebelumnya, atau menyebutkan ID pelanggan / Nomer Meteran kalian kepada kasirnya, yang nanti akan di proses dan akan memberikan kalian tagihan listrik yang harus di bayarkan.
  3. Gerai / Agen Resmi PLN
    Dan tempat selanjutnya yang juga sering menjadi pilihan banyak orang untuk membayar tagihan listrik adalah pada gerai atau agen resmi yang melayani pembayaran listrik. Disana, kalian bisa membayar tagihan listrik kalian dan juga hal – hal lain seperti membeli pulsa atau membeli token listrik juga. Kalian juga akan dikenakan biaya admin yang umumnya hanya sebesar Rp. 2.000 rupiah saja.

Itulah tadi beberapa penjelasan lengkap tentang pentingnya pengecekan tagihan listrik serta tempat – tempat yang bisa kalian datangi untuk membayar tagihan listrik kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah ilmu kalian.

Author

Ordinary young man

Write A Comment