Salah satu hal positif dari sebuah kemajuan teknologi adalah hadirnya sebuah layanan surat menyurat yang bernama email. Email adalah salah satu sarana kita untuk saling mengirim surat elektronik, yang sekarang sudah sangat berkembang dan bisa di gunakan untuk apa saja. Selain surat menyurat, fitur email juga bisa di gunakan untuk mengirim sebuah file atau sebuah notifikasi agar bisa terbaca oleh para pemilik email.

Email juga sudah banyak sekali platform yang mengembangkannya, mulai dari Google, Yahoo, dan Microsoft sebagai salah satu platform teknologi terbesar di dunia. Semua bentuk email tersebut juga memiliki keunikan serta fungsi tersendiri yang mana sangat berguna untuk kita dalam memudahkan pekerjaan atau dalam kegiatan sekolah. Berikut pada artikel kali ini, kita akan memberikan penjelasan seputar cara mudah dan praktis membuat email di Gogle, Yahoo, dan juga Outlook:

Cara Membuat Email Gmail

cara-membuat-email-dari-gmail

Gmail adalah salah satu layanan email yang di berikan oleh Google, yang sekarang sangat populer dan banyak di gunakan orang – orang karena multi fungsi. Berikut cara serta langkah dalam membuat email Gmail dengan mudah:

  1. Masuk Ke alamat situs gmail yaitu www.gmail.com lewat browser komputer atau hp kalian. Pastikan menggunakan jaringan internet yang cepat agar situsnya mudah di akses.
  2. Klik pilihan Create an account di tampilan awal situs gmail tersebut, nantinya kalian akan langsung di alihkan ke bagian pendaftaran email gmail baru.
  3. Pada tampilan pembuatan email, isi kolom nama depan dan nama belakang dengan nama kalian, lalu masukan nama pengguna atau alamat email kalian serta password email kalian.
  4. Jika pada penulisan alamat email, terdapat notif merah bertuliskan “ That username is taken, Try another “ atau jika kalian menggunakan bahasa indonesia yang bertuliskan “ Nama pengguna tersebut telah digunakan. Coba yang lain. “ menandakan alamat email yang kalian isi sudah di gunakan orang lain, kalian bisa memasukan alamat email lain yang tersedia.
  5. Setelah mengisi data di atas dan klik berikutnya, kalian akan di arahkan untuk mengisi nomer handphone untuk melakukan verifikasi. Isi nomer handphone kalian yang aktif dan bisa menerima sms, setelah itu klik berikutnya.
  6. Nanti gmail akan mengirim kode verifikasi ke nomer yang sudah kalian tulis tadi, dan kalian harus masukan kode tersebut ke dalam kolom verifikasinya.
  7. Langkah berikutnya, nanti akan muncul yang namanya agreement atau kota persyaratan yang wajib kalian baca dan cermati agar mengerti syarat dan ketentuan yang di berikan oleh gmail kepada usernya. Klik pada bagian I Agree.
  8. Dan selamat, semua langkah telah selesai dan kalian sudah berhasil membuat akun email Gmail.

Cara Membuat Email Yahoo

cara-membuat-email-dari-yahoo

Yahoo juga salah satu platform email yang cukup terkenal dan banyak juga di gunakan oleh pengguna internet. Berikut ini adalah cara mudah untuk kalian membuat email Yahoo:

  1. Masuk ke situs web yahoo yaitu www.yahoo.com lewat browser komputer atau bisa juga lewat browser smartphone kalian.
  2. Pada tampilan awal situs, cari menu mail dan klik menu tersebut.
  3. Setelah klik menu mail dan dialihkan pada bagian login email, cari kotal bertuliskan buat akun dan klik kotak tersebut.
  4. Di bagian pembuatan akun email yahoo, masukan nama depan, nama belakang, serta alamat email yang akan kalian gunakan. Tak lupa juga kalian harus masukan sandi email, nomer handphone yang aktif, serta jenis kelamin dan tanggal lahir kalian. Setelah lengkap mengisi semua datanya, kemudian klik lanjutkan
  5. Di tahap selanjutnya, kalian akan di minta untuk mengirim kode verifikasi ke nomer yang sudah kalian tuliskan sebelumnya di formulir pendaftaran. Klik kirim kode, lalu masukan kode yang sudah di sms ke nomer kalian dalam kolom kode verifikasi pada situsnya.
  6. Setelah memasukan kodenya, otomatis kalian lanjut ketahap selanjutnya dan sudah berhasil membuat akun email yahoo kalian sendiri.

Cara Membuat Email Outlook

cara-membuat-email-dari-outlook

Berikut ini beberapa cara dan tahapan dalam membuat sebuah email Outlook:

  1. Buka atau jalankan Aplikasi Outlook di Komputer kalian.
  2. Pada bagian menu bar tools -> menu account settings.
  3. Setelah memilih account setting, pada bagian email pilih new -> klik Email Account -> lalu klik pada tombol Next.
  4. Pada pilihan selanjutnya, centang kotak yang bertuliskan Manual Configure Server Settings or Additional Server typs, lalu kemudian kalian klik tombol next.
  5. Pilih dan Klik Internet E-Mail, lalu klik pilihan next untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.
  6. Setalah itu kalian akan di tampilkan sebuah kotak dialog untuk pendaftaran email baru outlook. Isi data pada kotak dialog pendaftaran email baru tersebut dengan lengkap dan benar, lalu klik tombol next.
  7. Pada tahap selanjutnya adalah bagian tab Internet E-Mail Settings. Piih tab Outgoing Server, lalu centang kotak My outgoing Server (SMTP) requires authentication. Lalu klik OK.
  8. Setelah tab Outgoing Server, pilih tab Advanced. Di bagian menu ini, centang bagian Delivery dengan memilih “ Leave a copy of messages on the server “, lalu centang “ Remove from server after days “ yang jumlah hari terserah kalian untuk mengaturnya.
  9. Klik next, dan kemudian finish, maka email outlook sudah berhasil kalian buat.

Apa Manfaat Email?

manfaat-membuat-email

Email sendiri adalah salah satu fitur yang memiliki banyak manfaat dan sangat berguna ketika kita gunakan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kalian dapatkan jika menggunakan email :

  1. Dapat menghubungkan atau membuat kita bisa saling berkomunikasi dengan siapa saja yang terhubung lewat internet di seluruh dunia, tanpa biaya pulsa yang mahal dan cepat habis.
  2. Bisa mengirim data penting secara eletronik, yang mana bisa tersampaikan dengan cepat dan tepat ke penerimanya.
  3. Dapat mengirim sebuah informasi baik surat, data, dan hal lain ke lebih dari satu penerima secara bersamaan.
  4. Sangat mempermudah komunikasi dengan pengguna email lain di seluruh dunia.
  5. Dapat digunakan untuk mendapat informasi atau notifikasi dari platform atau layanan internet yang kita ikuti secara periodik.

Tips Membuat Email Untuk Kebutuhan Pekerjaan

tips-membuat-email

Berikut ini beberapa tips penting yang bisa kalian simak dalam membuat sebuah email untuk mempermudah kalian dalam pekerjaan :

  1. Buat email yang memiliki penyimpanan besar untuk menampung data pekerjaan. Contoh gmail yang memiliki fitur google drive yang bisa menyimpan banyak file penting dengan aman.
  2. Buat email yang mana bisa menyediakan fitur yang multi platform. Multi platform di sini maksudnya tidak hanya untuk mengakses akun email saja, tetapi juga bisa di gunakan sebagai email untuk kebutuhan lain seperti login e-commerce, game, dan platform penting lainnya.
Author

Ordinary young man

Write A Comment