Karena banyak pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam waktu yang cepat, akhirnya mau tidak mau mengharuskan beberapa profesi untuk selalu membawa laptop ke mana-mana.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak aplikasi yang harus ada di laptop mampu membantu pekerjaan kita sehari-hari.

Tapi, sebab laptop bisa digunakan tanpa harus dialiri listrik secara langsung seperti menggunakan PC, dimana laptop dapat menyala dengan menggunakan baterai saja.

Namun seiring laptop sering digunakan, tentu performa baterai akan menurun dan daya tahan baterai juga akan cepat habis.

Ada beragam penyebab baterai laptop cepat habis, dan mungkin masih banyak pengguna laptop yang masih belum tahu bagaimana cara merawat baterai laptop agar tetap dalam performa yang baik.

Jadi bagaimana cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis saat digunakan? Simak artikel ini sampai tuntas.

Penyebab Baterai Laptop Jadi Cepat Habis

Apabila baterai laptop kamu sudah rusak atau cepat habis saat digunakan, tentunnya hal tersebut sangat mengganggu produktivitas kamu.

Ada beberapa penyebab kenapa baterai laptop jadi rusak dan cepat habis, dan berikut ini penyebabnya.

1. Terlalu Berlebihan dalam Penggunaan Laptop

Saat laptop digunakan untuk kerja yang berlebihan, tentu akan membuat performa baterai semakin menurun. Beberapa contoh kerja berlebihan pada laptop misal untuk menjalankan aplikasi grafis dan bermain PUBG PC. Kecuali laptop kamu laptop gaming, tentu tidak masalah jika digunakan untuk kerja berat.

2. Menggunakan Laptop Sampai Baterai Kosong

Sebisa mungkin jangan gunakan laptop sampai baterainya benar-benar habis atau sampai laptop mati sendiri, karena berpengaruh terhadap kesehatan baterai.

3. Menggunakan Laptop sambil di-charger

Hindari penggunaan laptop sambil di-charger karena bisa beresiko baterai cepat rusak dan menurunkan performa baterainya.

Cara Mengatasi Baterai Laptop yang Cepat Habis

Berikut ini adalah 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi baterai laptop yang cepat habis atau boros :

1. Mengisi Baterai Laptop Sampai benar-benar Penuh

Agar baterai laptop tidak cepat habis saat digunakan, tentunya kamu harus benar-benar mengisi baterai sampai penuh terlebih dahulu. Biasanya pengisian baterai laptop sampai penuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

2. Mengatur Daya Baterai Laptop

Cara yang kedua kamu bisa coba untuk mengatur konsumsi daya baterai laptop. Untuk mengaturnya, cukup klik pada icon baterai lalu pada pilihan select a power plan pilih Balanced. Setelah itu klik pada pilihan “More power options”.

Setelah menu More power options muncul, pada modus Balanced klik “Change plan settings”. Setelah itu ubah semua pengaturan menjadi never dan kurangi brightness agar baterai lebih tahan lama.

3. Setting Hibernate & Low Battery Option

Cara mengatasi baterai laptop cepat habis yang ketiga dengan melakukan setting Hibernate & Low Battery Option supaya laptop otomatis masuk dalam mode hibernate saat daya baterai tinggal sedikit.

Caranya masuk lagi ke pilihan “Change plan settings” di modus Balanced. Setelah itu pilih “Change advanced power settings”. Pilih subkategori battery -> Set it to hibernate. Lalu atur Low Battery Level ke 5% saja.

4. Menginstal Software Smarter Battery

Software ini dapat memantau baterai agar bisa membaca semua data yang berhubungan dengan baterai. Data baterai misal kesehatan baterai, sisa daya yang tersimpan, dan juga dapat meningkatkan performa baterai supaya bisa lebih hemat saat digunakan.

Itu tadi beberapa cara memperbaiki baterai laptop yang cepat habis saat digunakan supaya bisa bertahan lebih lama dan meningkatkan performa baterainya. Namun apabila baterai tetap boros atau bahkan tidak bisa menyimpan daya, berarti kerusakan ada pada baterai dan tentu harus ganti yang baru.

Pastikan kamu menggunakan laptop sewajarnya saja, jangan berlebihan sampai memberatkan kinerja baterai. Dengan cara yang sudah dijelaskan tadi, kamu bisa meningkatkan performa baterai sekitar 30% sampai 40%.

Ada cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis lainnya? Kalau ada, yuk saling diskusi dengan pembaca lain di kolom komentar!

Author

Ordinary young man

Write A Comment