Kadang saat membuka laptop, ada saja aplikasi yang sulit dibuka atau bahkan tidak sengaja di uninstall. Kalau sudah begitu, pasti kebanyakan orang akan menginstal ulang aplikasi tersebut.

Namun sebenarnya ada cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop terutama di Windows 10.

Kamu bisa mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus di Windows 10 dengan 3 cara mudah, yang akan kita bahas di artikel kali ini.

Dengan ketiga cara ini kamu dapat mengembalikan apapun aplikasi yang sudah terhapus yang sudah kamu instal sebelumnya dari Windows Store. Tanpa panjang lebar mari bahas bersama-sama caranya.

3 Cara Mengembalikan Aplikasi di Laptop Windows. 100% Berjalan!

Berikut ini 3 cara mudah mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus di laptop:

1. Menggunakan 10AppsManager

Cara mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus di laptop pertama dengan menggunakan 10AppsManager. 10AppsManager adalah program untuk memulihkan atau mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus sebelumnya khusus di Windows 10. Namun aplikasi yang dapat dikembalikan adalah aplikasi bawaan sistem saja.

Selain bisa diinstal pada Windows, 10AppsManager ini juga dapat dijalankan secara portabel. Kamu bisa membuka antarmuka dengan menjalankan aplikasi portabel 10AppsManager. Setelah 10AppsManager dijalankan, nanti akan menampilkan daftar aplikasi yang bisa kamu pilih dan dikembalikan dengan menekan tombol re-install.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop dengan 10AppsManager

10AppsManager untuk Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Windows
  • Download 10AppsManager melalui link berikut: klik disini.
  • Instal dan jalankan 10AppsManager di laptopmu.
  • Pilih aplikasi yang ingin dipulihkan.
  • Klik tombol “Reinstall” yang tersedia.

Bacaan rekomendasi: 10 Aplikasi yang Harus Ada di Laptop

2. Menggunakan Windows Powershell

Cara ini dapat kamu pilih jika saat menghapus aplikasi di laptop menggunakan Windows Debloater. Sebab jika kamu meng-uninstall aplikasi menggunakan program pihak ketiga seperti iObit atau yang lainnya, file Leftover biasanya langsung terhapus setelah uninstaller selesai berjalan. Meski begitu cara ini tetap bisa kamu coba.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop dengan Windows Powershell

Pertama kamu buka start menu dan ketikan “Windows Powershell”. Setelah program muncul, klik kanan lalu pilih Run as administrator. Setelah program terbuka, ketikan “Get-AppxPackage -allusers | foreach {Add-AppxPackage -register “$($_.InstallLocation)\appxmanifest.xml” -DisableDevelopmentMode}”.

Tunggu proses berjalan selesai, dan otomatis aplikasi yang terhapus sebelumnya sudah bisa kamu jalankan lewat Start Menu.

Bacaan rekomendasi: Cara Menghapus Virus di Laptop

3. Menggunakan O&O AppBuster

Aplikasi ini selain bisa digunakan untuk menghapus aplikasi yang terinstall di laptop, juga tentunya dapat mengembalikan aplikasi yang sudah terhapus. Aplikasi yang sudah terhapus bisa terbaca dengan O&O AppBuster yang biasanya tersembunyi dan cukup kamu pilih untuk diinstal lagi pada menu pilihan di aplikasinya.

Selain itu aplikasi ini juga dapat membuat restore point. Jadi kamu bisa membuat file backup jika sewaktu-waktu laptop bermasalah, dan tinggal lakukan restore data saja.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Laptop dengan O&O AppBuster

O&O AppBuster untuk Mengembalikan Aplikasi yang Terhapus di Windows
  • Download aplikasi O&O AppBuster melalui link berikut: klik disini.
  • Instal dan jalankan O&O AppBuster.
  • Beri tanda centang pada aplikasi yang ingin dikembalikan.
  • Klik tombol “Install” yang ada di bagian atas.

Bacaan rekomendasi: Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop

Kesimpulan

Itu tadi tiga cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di laptop dengan mudah khususnya laptop yang menggunakan Windows 10. Dari ketiga cara tersebut, kamu bisa pilih mana yang menurut kamu paling mudah dipahami.

Kamu bisa cek langsung aplikasi yang sudah kamu kembalikan di Start Menu. Apabila kamu masih belum berhasil mengembalikan aplikasinya, pastikan bahwa kamu sudah mengikuti setiap caranya dengan benar. Selamat mencoba.

Ada cara lain yang kamu ketahui? Kalau ada coba diskusikan bersama di kolom komentar ya!

Author

Ordinary young man

Write A Comment