Mungkin kamu risih saat ada teman atau orang lain yang dengan sengaja membuka file-file penting di Android kamu? Walaupun sekedar iseng saja, itu pasti sangat mengganggu dan tidak menghormati privasi kamu sebagai pemilik Android. Kamu harus mencegah hal tersebut dengan cara menyembunyikan aplikasi di Android.

Mungkin sebagian orang masih merasa tidak peduli ketika orang lain mengecek file serta aplikasi di smartphone mereka. Tetapi bila kamu punya file penting yang tidak boleh ada orang lain tau, kamu harus bisa tau cara menyembunyikan aplikasi di Android supaya datamu aman dan tidak diketahui orang lain.

9 Aplikasi untuk Jalankan Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Cara yang instan dan banyak orang gunakan adalah menggunakan aplikasi keamanan di Android, dengan memberikan kode pengaman di beberapa file dan aplikasi tertentu agar tidak bisa diakses orang lain selain kamu. Berikut ini saya akan memberikan penjelasan 9 aplikasi terbaik yang bisa menyembunyikan aplikasi lain di Android.

1. App Lock – CM Locker

cm locker lock screen

Aplikasi CM Locker ini adalah sebuah aplikasi keamanan yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile, dengan berbagai fitur keamanan mengunci aplikasi yang ada di Android. Aplikasi ini sudah digunakan banyak pengguna Android hingga mencapai 3 juta pengunduh di Play Store.

Dalam aplikasi CM Locker ini, ada berbagai macam jenis fitur yang sangat membantu dalam mengamankan data dan aplikasi di Android. Ada yang dapat mengunci aplikasi dengan menggunakan jenis kunci pattern dan juga kode PIN yang hanya bisa diketahui oleh kamu saja.

KeteranganCM Locker Lock Screen
Ditawarkan OlehCheetah Mobile (Catch Intruder)
KategoriPersonalisasi
Ukuran
Jumlah Instal900.000+
Perlu Sistem Operasi
Produk dalam Aplikasi
Ulasan3.8/10 (Uptodown)
DownloadUptodown

2. Apex Launcher

cara sembunyikan aplikasi di android - apex launcher

Penyembunyi aplikasi selanjutnya ada Apex Launcher, sebuah aplikasi tampilan pada Android yang menyediakan sebuah fitur penyembunyi aplikasi. Selain punya sistem penyembunyi aplikasi yang mumpuni, tampilan dari launcher ini juga terbilang ringan dan cukup bagus.

Kamu bisa download Apex Launcher ini di Play Store, dan setelah download bisa masuk ke pengaturan untuk menambahkan aplikasi apa yang ingin kamu sembunyikan. Kamu bisa menambahkan opsi untuk memberi password pada aplikasi yang akan kamu sembunyikan, jadi tidak akan orang yang dapat mengaksesnya.

KeteranganApex Launcher – Customize, Secure, and Efficient
Ditawarkan OlehAndroid Does Team
KategoriPersonalisasi
Ukuran22MB
Jumlah Instal10.000.000+
Perlu Sistem Operasi4.4 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiUS$1,99 – US$28,99 per item
Ulasan4.3/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

3. Hide App

cara sembunyikan aplikasi di android - hide app

Aplikasi yang dapat menyembunyikan aplikasi yang ada di Android selanjutnya adalah Hide App. Aplikasi ini punya tampilan cukup simpel dan sangat mudah untuk digunakan. Sayangnya, setiap perangkat smartphone Android yang ingin menggunakan aplikasi ini harus sudah di-root terlebih dahulu.

Fitur yang ada cukup lengkap dan sangat membantu para pengguna, mulai dari pengunci aplikasi, fitur backup, serta penyembunyi aplikasi. Kamu hanya perlu memilih aplikasi apa yang akan disembunyikan, dan setelah itu secara otomatis aplikasi yang sudah kamu pilih akan hilang dari launcher Android.

KeteranganHide App – Hide Application Icon
Ditawarkan OlehThinkYeah Mobile
KategoriTools
UkuranBervariasi berdasarkan device
Jumlah Instal10.000.000+
Perlu Sistem OperasiBervariasi berdasarkan device
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.0/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

4. Aplikasi LOCKit

cara sembunyikan aplikasi di android - lockit

Aplikasi satu ini dikembangkan oleh SuperTools Corporation, dimana aplikasi LOCKit ini dapat mengunci serta menyembunyikan aplikasi pada Android. Banyak aplikasi yang dapat kamu kunci atau sembunyikan menggunakan LOCKit, jadi tidak perlu lagi cemas data pentingmu diakses orang lain.

Aplikasi ini sudah diunduh oleh pengguna Android mencapai 300.000 di Play Store. Kamu bebas memilih fitur apa yang ingin digunakan, serta bebas menggunakan jenis kunci yang tersedia baik menggunakan pola atau dengan kode PIN. Selain itu, tema tampilan yang juga unik membuat LOCKit menjadi menarik dan bagus saat digunakan.

KeteranganLOCKit – Kunci Aplikasi
Ditawarkan OlehSuperTools Corporation
KategoriTools
Ukuran9.6MB
Jumlah Instal10.000.000+
Perlu Sistem Operasi4.0 dan yang lebih tinggi
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.6/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

5. AppLock – Hyper Speed

cara sembunyikan aplikasi di android - applock

Untuk cara menyembunyikan aplikasi di Android selanjutnya datang dari developer Hyper Speed, sebuah aplikasi yang dapat mengunci aplikasi pada Android bernama AppLock. Fitur yang lengkap bisa kamu dapatkan di AppLock ini mulai yaitu pengunci aplikasi dengan berbagai metode yaitu ada pattern, PIN, dan juga fingerprint.

Selain ada bunyi alarm yang akan terdengar saat seseorang mencoba mengakses kode keamanan, AppLock juga memasang fitur yang dapat memfoto pelaku. AppLock ini mempunyai ukuran file yang terbilang kecil dan ringan yaitu hanya 6 MB saja dan bisa kamu download pada Play Store.

KeteranganApplock – kunci aplikasi, pengunci aplikasi
Ditawarkan OlehHyper Speed
KategoriProductivity
Ukuran
Jumlah Instal
Perlu Sistem Operasi4.1 dan yang lebih tinggi
Produk dalam Aplikasi
Ulasan9.6/10 (Apk Pure)
DownloadApk Pure

6. Menggunakan Andrognito

cara sembunyikan aplikasi di android - andrognito

Kelebihan dari aplikasi satu ini adalah desainnya yang cantik serta minimalis, membuat cukup banyak orang nyaman menggunakan Andrognito. Fungsi utama dari Andrognito ini yaitu melindungi smartphone Android kamu dari stalker, dengan fitur yang mumpuni yaitu Stealth Mode yang dapat menyembunyikan serta mengunci aplikasi.

Fitur lain yang bisa kamu gunakan pada aplikasi Andrognito ini adalah tingkat keamanannya yang sangat tinggi. Andrognito ini dikembangkan oleh CODEX, yang sudah diunduh sebanyak 100 ribu pengguna Android.

KeteranganAndrognito – Hide Files, Photos, Videos
Ditawarkan OlehCODEX
KategoriTools
Ukuran10MB
Jumlah Instal100.000+
Perlu Sistem Operasi5.0 dan yang lebih tinggi
Produk dalam AplikasiUS$0,99 – US$12,99 per item
Ulasan4.3/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

7. PrivateMe

cara sembunyikan aplikasi di android - privateme

Tanpa perlu melakukan akses root di smartphone Android kamu, aplikasi PrivateMe bisa menjadi pilihan untuk kamu menyembunyikan aplikasi. Banyak yang bisa kamu sembunyikan misal ikon aplikasi, recent app, dan juga foto maupun launcher.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat menyembunyikan notifikasi yang masuk ke smartphone, dan dilengkapi fitur penguncian aplikasi yang lengkap. Ada fitur kunci menggunakan PIN yang pastinya aman, serta bisa menggandakan aplikasi agar kamu dapat menjalankan 2 aplikasi yang sama dengan akun yang berbeda.

KeteranganPrivateMe
Ditawarkan OlehTRIGTECH
KategoriUmum
Ukuran
Jumlah Instal100.000+
Perlu Sistem Operasi
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.2/5 (Uptodown)
DownloadUptodown

8. Nova Launcher

cara sembunyikan aplikasi di android - nova launcher

Aplikasi tampilan smartphone satu ini juga memiliki fitur pengunci dan dapat menyembunyikan aplikasi juga. Kamu dapat mengganti nama ataupun logo aplikasi yang ingin kamu sembunyikan agar tidak bisa di akses oleh orang lain.

Nova Launcher bisa kamu download lewat Play Store gratis bagi semua pengguna smartphone Android. Untuk menyembunyikan aplikasi, kamu cukup tap lama pada aplikasi yang ingin disembunyikan, lalu pilih edit nama dan logo aplikasinya.

KeteranganNova Launcher
Ditawarkan OlehTeslaCoil Software
KategoriPersonalisasi
UkuranBervariasi berdasarkan peringkat
Jumlah Instal50.000.000+
Perlu Sistem OperasiBervariasi berdasarkan peringkat
Produk dalam Aplikasi
Ulasan4.5/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

9. X App Hider

cara sembunyikan aplikasi di android - x app hider

Dan aplikasi terakhir ada X App Hider, aplikasi yang mampu menyembunyikan dan mengunci aplikasi di smartphone Android. Namun, agar bisa menggunakan X App Hider, smartphone kamu wajib di-root terlebih dahulu.

Tampilan dari X App Hider ini sangat sederhana, sehingga kamu tidak akan sulit untuk menggunakannya. Namun bahasa yang tersedia hanya bahasa inggris saja.

KeteranganX App Hider (hide Application)
Ditawarkan OlehChen Xian
KategoriTools
Ukuran2.5MB
Jumlah Instal1.000.000+
Perlu Sistem Operasi2.1 dan yang lebih tiggi
Produk dalam Aplikasi
Ulasan3.7/5 (Google Play Store)
DownloadGoogle Play Store

###

Gimana, mudah bukan untuk bisa menyembunyikan aplikasi di smartphone Android? Kamu bisa menggunakan semua cara menyembunyikan aplikasi di android tadi, dan amankan smartphone kamu dari stalker yang mengganggu.

Dengan ini demikian informasi mengenai cara menyembunyikan dan mengunci aplikasi di smartphone Android dengan mudah. Semoga cara yang sudah saya jelaskan tadi bisa bermanfaat, dan bisa menambah informasi yang berguna buat kamu semuanya.

Ada cara menyembunyikan aplikasi di Android lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Ordinary young man

Write A Comment