Untuk mengubah sebuah foto yang menggunakan format JPG ke format PDF sebenarnya mudah dan cepat. Umumnya saat mengubah file dengan format JPG ke PDF umumnya dilakukan untuk beberapa kepentingan seperti melengkapi administrasi untuk kuliah, lamaran kerja, dan kepentingan lainnya.

Mengubah JPG ke PDF selain merubah formatnya juga membuat file akan lebih rapi. Selain itu kamu juga bisa mengirim banyak file JPG dengan hanya mengubahnya jadi 1 file PDF saja.

Jadi buat kamu yang mungkin masih belum tahu cara mengubah file JPG ke PDF, akan saya jelaskan caranya lengkap dan praktis pada artikel ini. Tapi sebelum itu, kamu harus tau lebih dalam dulu apa sebenarnya JPG dan juga PDF.

Pengertian Tentang JPG

JPG atau JPEG adalah sebuah format data yang umumnya dijadikan sebagai standar oleh kebanyakan fotografer profesional. JPG dapat mengkompresi data pada sebuah gambar dengan cara mengurangi bagian-bagian yang tujuannya adalah untuk memblok pixelnya.

Sekarang ini penggunaan JPG sudah jadi standar gambar di internet sebab dapat dikompres menjadi ukuran yang lebih kecil. Rasio kompres yang bisa dilakukan pada file JPG mulai dari 2 : 1 sampai 100 : 1, tergantung dengan pengaturan yang kamu inginkan.

JPG bagus saat digunakan untuk gambar yang memiliki warna beragam, contoh seperti gambar rumah, pemandangan, wajah, dan objek lainnya.

Pengertian Tentang PDF

PDF singkatan dari Portable Document Format adalah merupakan sebuah format dokumen yang umumnya dipergunakan untuk mengirim dokumen secara digital yang dibuat oleh Adobe System di tahun 1993.

Selain untuk keperluan dokumen digital, PDF sekarang lebih sering digunakan untuk keperluan presentasi dokumen dua dimensi seperti contohnya huruf atau teks, vektor, foto, dan masih banyak lagi.

Buat para pekerja kantoran, file dengan format PDF sangat berguna untuk mendokumentasikan file-file penting. Walau pada awal perilisan PDF kalah dengan pesaingnya yaitu Microsoft Office, namun sekarang sudah banyak pengguna yang beralih membuat dokumen dengan format PDF.

Cara Ubah File JPG ke PDF di Android

Untuk cara mengubah file jpg ke pdf di Android ada 2 cara, yaitu menggunakan aplikasi dan lewat online di browser. Kedua cara ini cukup efektif dan pastinya mudah dipahami, berikut cara-caranya.

1. Mengubah File JPG ke PDF Menggunakan Aplikasi

  • Untuk aplikasi yang bisa kamu gunakan bernama ‘ JPG to PDF Converter ‘ yang bisa kamu download di PlayStore.
  • Buka aplikasi dan di bagian menu Source File kamu bisa memilih mau ambil file JPG dari files, atau folder. Setelah file JPG dipilih, kamu tinggal atur Page Size yang kamu inginkan lalu pilih CONVERT TO PDF.
  • Untuk membuka file PDFnya, kamu bisa tekan menu di kiri atas lalu pilih Open Folder. Kamu juga bisa membuka filenya lewat File Manager dan masuk ke Folder PDF.

2. Mengubah File JPG ke PDF Lewat Online di Browser

  • Pertama kamu buka dulu situs smallpdf lewat google atau langsung mengetikkan alamat situsnya https://smallpdf.com/jpg-to-pdf menggunakan browser apa saja.
  • Setelah itu kamu tap menu ‘PILIH FILE’ dan pilih file JPG yang ingin kamu ubah ke PDF.
  • Setelah memilih file, tunggu beberapa saat sampai file JPG berhasil diupload. Jika upload selesai, pilih  mengubah/convert.
  • Setelah file sudah di ubah ke PDF, kamu tinggal download saja filenya dan otomatis sudah tersimpan di penyimpanan Android Kamu.

Cara Ubah File JPG ke PDF di PC

Buat kamu yang ingin tau cara merubah file JPG ke PDF lewat PC atau laptop, bisa dengan 2 cara juga yaitu menggunakan fitur Print di windows 10 dan lewat online di Browser.

1. Mengubah File JPG ke PDF dengan Fitur Print

  • Buka foto atau file JPG yang ingin di ubah terlebih dahulu.
  • Klik Opsi Print setelah kamu membuka foto atau file JPG.
  • Di saat window print muncul, kamu ubah opsi printer dan pilih ‘Microsoft Print to PDF.
  • Atur settingan PDF yang kamu inginkan seperti Paper Size, Margin, nama file dan jika sudah tinggal klik Print.
  • Tentukan folder untuk menyimpan file PDF, lalu klik Save.

2. Mengubah File JPG ke PDF lewat online di Browser PC/Laptop

  • Buka dulu situs https://smallpdf.com/jpg-to-pdf menggunakan browser yang ada di PC/Laptop kamu.
  • Setelah situs sudah terbuka, klik ‘CHOOSE FILES’ lalu pilih file JPG yang ingin kamu ubah dan klik OPEN.
  • Setelah memilih file JPG, tunggu sampai upload selesai lalu pilih ‘CONVERT’.
  • Tunggu sampai file selesai di ubah, jika sudah kamu tinggal download file PDF dan simpan di PC/Laptop kamu.

Nah, itu tadi cara yang dapat kamu semua coba untuk bisa mengubah format file JPG ke PDF di Android dan juga PC/Laptop. Selain mengubah file ke PDF, kamu juga bisa mengubahnya ke format file lain seperti PNG, GIF, Word, dan format lainnya.

Jadi jangan lagi bilang kamu tidak bisa, karena dengan semua cara mengubah file JPG ke PDF yang sudah saya jelaskan sangat mudah dan pasti berhasil. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu semua para pembaca dan menambah informasi baru.

Ada tanggapan lain tentang cara ubah file JPG ke PDF? Kalau ada mari kita diskusi bersama di kolom komentar ya!

Author

Ordinary young man

Write A Comment