Apakah kamu berencara membeli HP baru? iPhone adalah salah satu merk terkenal yang banyak di gunakan orang. Kecanggihan serta daya tahan HP ini sudah tidak di ragukan lagi, bahkan menjadi salah satu merk Hp terlaris di seluruh dunia. Sudah banyak seri – seri iPhone yang laris manis di pasaran dan habis terjual dengan waktu yang sangat singkat.

Tapi sebelum kamu membeli Hp iPhone, kamu juga harus berhati – hati akan barang yang palsu, atau biasa di dunia teknologi di sebut dengan HDC (High Definition Copy). Sudah banyak beredar iPhone HDC di pasaran, yang dari segi tampilan luarnya sangat sulit untuk di bedakan dengan HP iPhone yang original.

Apa itu iPhone HDC?

Pengertian dari iPhone HDC ini adalah ponsel replika atau tiruan yang dari tampilan luar menyerupai iPhone asli. Merek dari iPhone HDC ini pun tidak jelas, karena memang di buat khusus hanya untuk mereplika iPhone asli. Namun demikian, sangat sulit di bedakan dari tampilan luarnya, karena sekarang ini iPhone HDC sangat terlihat persis dan mirip sekali seperti aslinya.

Namun jika kamu lihat dari segi sistemnya, iPhone HDC ini sangat berbeda jauh dengan iPhone asli. Jika iPhone menggunakan sistem operasi iOS, di iPhone HDC menggunakan sistem operasi android, namun ROM nya saja yang menyerupai iOS. Selain itu juga jika di lihat dari segi perangkat kerasnya, iPhone HDC memiliki spesifikasi yang jauh dari iPhone asli, mulai dari RAM, penyimpanan internal, serta kualitasnya yang sangat berbeda.

Contoh iPhone HDC

Mungkin bagi kamu yang masih belum tau banyak bagaimana mengetahui mana iPhone yang asli dan iPhone HDC, kamu harus memahami contoh seperti apa wujud iPhone HDC ini. Mulai dari spesifikasi sampai perangkat kerasnya yang sangat berbeda jauh. Berikut contoh iPhone HDC agar kamu bisa lebih waspada dalam membeli HP iPhone.

1. Body Luar iPhone HDC

Pada umumnya, memang jika di lihat secara sekilas tampilan luar iPhone asli dan HDC sangat mirip sekali. Namun jika kamu memegang kedua HP ini, kamu akan merasakan perbedaannya. iPhone asli biasanya memiliki body luar yang kokoh dan terasa sangat enak saat di genggam. Sedangkan iPhone HDC biasanya memiliki body luar yang ringan, serta rasa saat di genggam sangat terasa tidak kuat dan memiliki bahan body yang mudah pecah / terbuat dari plastik.

Selain itu juga ketika di kocok atau di goyangkan, iPhone asli tidak menimbulkan suara yang menandakan tidak ada celah sedikitpun untuk udara atau perangkat yang terlepas di dalam body iPhone asli. Sedangkan pada iPhone HDC, ketika di kocok atau di goyangkan akan terdengan bunyi seperti ada perangkat atau bagian dari dalam body iPhone HDC yang terlepas.

2. Tampilan Sistem Berbeda

Contoh lain yang menjadi pembeda adalah tampilan sistem yang di berikan oleh iPhone asli dan iPhone HDC sangat berbeda jauh. Jika kamu menyalakan dan menggunakan iPhone asli, kamu akan di tampilkan homescreen serta fitur yang lengkap sepeti iPhone pada umumya. Semua fitur mulai dari wifi, data seluler, dan fitur lainnya akan berfungsi dengan normal.

Sedangkan pada iPhone HDC, memang tampilan sistem bisa di katakan mirip dengan tampilan asli iPhone. Namun saat di gunakan, kamu akan merasakan bahwa fitur yang di berikan tidak semua berjalandengan lancar. Seperti wifi yang kadang tidak berfungsi, jaringan data yang hanya mentok pada 3G, dan aplikasi bawaan iPhone lain yang tidak dapat digunakan. Hal ini karena fitur tersebut hanya tiruan dan tidak bisa berjalan dengan baik di sistem Android di iPhone HDC.

3. App Store dan Koneksi iTunes tidak berfungsi

Salah satu perbedaan yang sangat mendasar dan menjadi contoh bahwa iPhone itu bisa di katakan asli atau HDC adalah dari aplikasi App Store dan juga layanan iTunesnya. Sudah pasti kedua fitur tersebut bisa kamu jalankan dengan baik jika menggunakan iPhone asli.

Tetapi bila kamu menggunakan iPhone HDC, fitur App Store dan iTunes tidak bisa di gunakan. App Store mungkin akan tampil ketika di jalankan, tetapi kamu tidak bisa mendownoad aplikai yang ada. Dan juga fitur iTunes tidak bisa di gunakan oleh kamu ketika ingin mentransfer atau memindah file dari iPhone ke laptop.

4. Tidak ada iCloud di iPhone HDC

iPhone memberikan salah satu layanan yang paling aman untuk menyimpan data dan memindah data secara mudah yaitu dengan menggunakan iCloud. Fitur ini bisa berjalan baik dan lancar jika kamu menggunakan iPhone yang asli.

Namun bila kamu menggunakan iPhone HDC, kamu tidak akan menjumpai fitur iCloud ini. Memang pada pengaturan atau pada tampilan aplikasi tersedia iCloud, tetapi kamu tidak bisa membuka atau mengakses iCloud tersebut di iPhone HDC.

Alasan Kenapa jangan Beli iPhone HDC

Membeli dan menggunakan iPhone HDC sangat tidak di anjurkan untuk kamu yang ingin memiliki HP untuk di gunakan dalam waktu yang lama. Kenapa? Berikut beberapa alasan kenapa jangan beli iPhone HDC.

1. Kualitas dan Daya Tahan yang Buruk

Alasan pertama adalah sudah pasti iPhone HDC memiliki kualitas dan daya tahan yang buruk. Jangankan digunakan untuk waktu yang lama, biasanya iPhone HDC jika digunakan untuk kebutuhan sehari – hari akan cepat rusak dan tidak berfungsi lagi.

Selain itu juga, menggunakan iPhone HDC tidaklah bagus untuk bisa memenuhi kebutuhan kamu sehari – hari. Disamping fitur yang tidak lengkap, iPhone HDC juga memiliki baterai yang relatif kecil yaitu 1000 – 2000 Ah saja yang pastinya sangat boros.

2. Tidak memiliki Garansi Resmi

Alasan seanjutnya adalah karena iPhone HDC tidak memiliki garansi yang resminya. Hal ini sudah pasti, karena dari mereknya atau siapa vendor yang memproduksi iPhone HDC saja tidak jelas siapa. Bagaimana dan kepada siapa kamu harus mengklaim garansi jika ada kerusakan?

3. Tidak ada Sparepart untuk iPhone HDC

Sparepart atau komponen HP adalah salah satu hal penting, apabila HP kita mengalami kerusakan di beberapa bagian. Jika kita membeli HP dengan merk jelas seperti iPhone asi, kita bisa dengan mudah mengganti spartpartnya bila ada kerusakan.

Tetapi lain hal bila kamu membeli dan menggunakan iPhone HDC. Kamu tidak bisa mengganti sparepartnya, karena tidak tersedia atau tidak di jual di pasaran. Satu – satunya cara ketika kamu menggunakan iPhone HDC dan terjadi kerusakan adalah mengiklaskannya saja.

###

Itulah tadi penjelasan lengkap apa itu iPhone HDC, mulai dari pengertian contoh, serta alasan kenapa kamu jangan sampai membeli iPhone HDC. Semoga artikel ini bisa membantu kamu, dan bisa menjadi refrensi kamu agar terhidar dari pembelian produk palsu atau replika seperti iPhone HDC.

Author

Ordinary young man

Write A Comment