Saat kamu bermain sebuah video games, pasti sering kali mendengar istilah-istilah yang asing di telinga kamu semua. Di permainan PUBG Mobile, ada banyak juga istilah dalam permainan yang masih banyak para pemain belum tau, yang sebenarnya istilah tersebut sangat penting dan benar-benar harus kamu pahami bila ingin menjadi pro player.

Terlebih jika kamu bermain dalam sebuah pertandingan kompetitif semacam turnamen, memahami istilah yang ada di PUBG Mobile wajib harus kamu kuasai. Jika tidak, bukan hanya kerjasama squad kamu saja yang berantakan, tetapi juga bisa membuat squad kamu gagal meraih “WWCD” di PUBG Mobile.

13 Daftar Istilah Penting dalam PUBG Mobile dan PC

Berikut kami akan rangkum 13 istilah penting yang ada di permainan PUBG Mobile. Pelajari semua istilah ini, supaya permainan kamu semua dapat berkembang dan bisa meraih hasil yang baik dan jadi pemenang.

1. Looting

looting - istilah dalam pubg
Foto: esportsku

Istilah pertama ini adalah istilah yang cukup dasar dan mudah sekali untuk para pemain PUBG Mobile ketahui, yaitu Looting. Looting adalah sebuah aktivitas pemain untuk mencari perlengkapan perang yang ada di dalam rumah atau juga bisa di dapat dari kotak musuh yang sudah mati terlebih dahulu.

Barang-barang perang yang dimaksud adalah senjata, peluru, attachment, armor, dan perlengkapan lainnya. Semakin baik kualitas item yang kamu dapatkan saat looting, akan berpengaruh terhadap performa squad kamu saat memulai perang melawan squad musuh.

2. Flank

flank - istilah dalam pubg
Foto: Youtube Legend X

Flank adalah istilah penting yang harus kamu ketahui pada saat posisi kamu harus menyerang musuh dengan cara bergerak pada sisi kanan atau sisi kiri musuhmu. Posisi flank dapat kamu lakukan sendiri jika peralatan tempurmu cukup bagus, atau juga bisa melakukan Flank bersama teman satu squadmu.

Terkadang melakukan Flank memang sedikit “tricky/berbahaya” untuk squadmu, karena bila Flank yang kamu dan squadmu lakukan berhasil akan bisa menghabisi squad musuh. Tetapi salah dalam melakukan Flank, akan berakibat fatal, bukannya memenangkan permainan, justru bisa-bisa squadmu yang rata di habisi musuh yang sudah siap dan mengantisipasi Flank yang kamu lakukan.

3. Sandwich

sandwich - istilah dalam pubg
Foto: Youtube Eaglian Gaming

Istilah ini terdengar enak di telinga, karena menggambarkan sebuah makanan, tetapi sangat berbeda bila di PUBG Mobile. Sandwich adalah sebuah posisi yang sangat beresiko, dimana squadmu berada pada posisi yang terjepit atau terdesak oleh squad musuh.

Biasanya saat kamu menerima Sandwich, akan terkepung oleh lebih dari satu squad musuh yang bisa dari segala arah. Untuk menghindari posisi Sandwich ini, kamu bisa mencari tempat aman seperti di dalam rumah atau pergi meninggalkan pertempuran menggunakan kendaraan.

Usahakan dalam setiap permainan yang kamu lakukan, terhindar dari posisi sandwich ini.

4. Compound

compound - istilah dalam pubg
Foto: zilliongamer

Lalu istilah dalam PUBG yang juga tidak kalah penting adalah Compound, dimana istilah ini adalah sebutan dari nama tempat yang ada di map PUBG Mobile seperti perumahan, bangunan, pohon, serta tempat-tempat lain yang penuh dengan area pertahanan yang baik.

5. Push / Pushing

push - istilah dalam pubg
Foto: Rifat Newaz

Tidak kalah penting dari istilah sebelumnya, Push atau Pushing ini adalah istilah yang digunakan pemain saat ingin menghadapi musuh yang sedang terdesak atau yang sedang tidak bagus posisinya. Biasanya saat squad musuh tinggal menyisakan satu atau 2 orang, Push/Pushing akan dilakukan.

Agar saat Push/Pushing yang kamu lakukan berhasil menyingkirkan squad musuh, pastikan sisa musuh benar-benar sedikit atau squad musuh dalam posisi kekurangan bantuan. Serta pastikan area sekitar tidak ada squad lain yang mengganggu pergerakan Pushing squadmu untuk menghindari posisi Sandwich yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya.

6. Rush / Rushing

rush - istilah dalam pubg
Foto: GridGames

Istilah Rush/Rushing ini sedikit berbeda dengan Push. Rush adalah posisi dimana squadmu hendak melumpuhkan squad musuh yang sedang berada pada sebuah Compound atau sedang dalam posisi berlindung. Entah jumlah pemain di squad musuh masih lengkap atau tidak.

Posisi Rush/Rushing ini digunakan saat squad ingin merebut compound. Namun, perebutan Compound ini harus dipikirkan dengan matang terlebih dahulu, pastikan squadmu memiliki mental dan peralatan yang baik sebelum melakukannya. Agar saat Rushing squad musuh berjalan lancar, pastikan tidak ada squad lain yang mengganggu serta manfaatkan tempat berlindung seperti tembok atau batu.

7. Spray Down

spray down - istilah dalam pubg
Foto: esportku

Istilah Spray Down ini merupakan sebuah gerakan dimana pemain melancarkan tembakan secara terus menerus atau tanpa henti. Contoh Spray Down ini misalkan kamu menembak mobil musuh yang sedang melintas, atau menembak musuh tanpa henti yang sedang melakukan rotasi.

Masih banyak pemain yang belum ahli melakukan Spray Down, karena menahan recoil tembakan memang tidak semudah kelihatannya. Agar Spray Down tidak meleset, sesuaikan sensitivitas dan gunakan scope yang disukai serta nyaman ketika kamu melakukan Spray Down.

8. Knock Down

knock down - istilah dalam pubg
Foto: Quora

Setelah tadi ada istilah Spray Down yaitu menembak tanpa henti, Knock Down adalah sebuah kondisi dimana musuh atau teman satu squadmu mendapat luka parah dari serangan musuh. Saat pemain Knock Down, ada waktu dimana pemain bisa melanjutkan permainan kembali bila dapat direvive oleh teman satu squad.

Agar tidak mudah Knock Down saat bermain, kamu harus bermain aman seperti selalu mencari tempat berlindung seperti batu, pohon, atau tembok. Serta jangan terlalu jauh dari teman satu squad kamu, agar saat kamu Knock Down masih bisa di revive oleh teman satu squad.

9. Revive

revive - istilah dalam pubg
Foto: Reddit

Setelah tadi Knock Down, sekarang adalah istilah Revive yang merupakan aktivitas dimana pemain menyelamatkan teman satu squadnya yang sedang Knock Down. Revive adalah satu-satunya cara untuk menyelamatkan teman yang Knock Down, dan bila telat melakukan Revive akan sangat fatal akibatnya.

10. Open Field

open field - istilah dalam pubg
Foto: Playtoko

Istilah ini menggambarkan sebuah tempat yang terbuka dan sangat sedikit tempat berlindung pada area tersebut. Open Field biasanya sangat dihindari oleh para pemain PUBG Mobile, karena sangat mudah diketahui oleh squad musuh di sekitar dan bisa ditembak dengan mudah oleh musuh.

Saat kamu dan squadmu ingin melewati daerah Open Field ini, hendaknya jangan berjalan. Gunakan kendaraan seperti mobil, motor, ataupun buggy agar bisa lebih cepat melewati daerah Open Field dan terhindar dari tembakan musuh.

11. Lower Ground

lower ground - istilah dalam pubg
Foto: Inven Global

Lower Ground adalah istilah dalam PUBG Mobile yang menggambarkan sebuah area yang memiliki dataran rendah. Posisi ini sangat tidak menguntungkan, karena dapat diketahui dengan mudah oleh musuh yang berada di atasnya.

Pada posisi tertentu, Lower Ground akan sangat menguntungkan squadmu karena dapat dijadikan sebagai tempat berlindung dari serangan musuh. Contoh Lower Ground yang paling diminati oleh pemain PUBG Mobile berada di dekat area Shelter, dimana Lower Ground tersebut sering digunakan oleh pemain Bigetron Red Aliens (BTR RA).

12. High Ground

high ground - istilah dalam pubg
Foto: Keengamer

Dan istilah ini adalah kebalikan dari Lower Ground, dimana menggambarkan sebuah posisi di dataran tinggi yang dapat dengan mudah melihat pergerakan musuh.

Bila kamu mendapatkan posisi ini, akan sangat mudah untuk mengetahui posisi musuh di sekitarmu, dan akan sangat mudah berlindung bila ada squad lain yang melakukan Spray Down ke arahmu.

Sayangnya, High Ground kerap kali tidak memiliki banyak area perlindungan, seperti batu, rumah, ataupun pohon. Satu-satunya area perlindungan yang bisa kamu gunakan adalah mobil, yaitu Forting.

13. Forting

forting - istilah dalam pubg
Foto: Gamezebo

Pada poin sebelumnya, kamu sudah membaca tentang area perlindungan mobil menggunakan mobil, atau yang biasa disebut dengan Forting.

Forting sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari kata Fort yang memiliki makna benteng perlindungan. Dalam permainan PUBG Mobile, mobil sering digunakan sebagai tempat berlindung player dari tembakan musuh.

Forting bisa dilakukan dengan menggunakan mobil yang masih bagus, ataupun mobil yang sudah terbakar. Penggunaannya bisa kamu lakukan sesuai kondisi mobilnya. Sebaiknya, hancurkan terlebih dahulu mobil yang akan digunakan sebagai Forting sebelum kamu berlindung agar terhindar dari ledakan yang bisa membuat kamu mati

###

Itulah beberapa istilah dalam PUBG Mobile yang harus bisa kamu pahami. Semua istilah tadi sangat berguna untuk bisa membuat permainanmu menjadi lebih baik dan dapat menjadi pemenang di PUBG Mobile.

Ada istilah dalam PUBG lain yang kamu rekomendasikan? Mari diskusi di kolom komentar.

Author

Ordinary young man

Write A Comment