Kenyataan bahwa perkembangan teknologi sekarang ini memang sudah sangat membawa banyak kemudahan untuk manusia sudah tidak bisa kita ingkai lagi. Hadirnya teknologi canggih, salah satunya adalah laptop yang bisa membantu kamu dalam menyelesaikan pekerjaan.

Laptop adalah salah satu perangkat penting bagi kamu yang sangat bisa membantu dalam melakukan segala aktifitas. Mulai dari pekerjaan, bermain game, editing desain grafis, dan kegiatan lainnya bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan laptop. Tapi, tidak semua bisa berjalan seperti yang kamu mau. Terkadang masalah sering muncul sewaktu kamu menggunakan laptop.

Masalahnya adalah, semua barang terutama alat elektronik seperti laptop memiliki gangguan tersendiri. Kadang laptop sering mati sendiri secara tiba – tiba dan tidak bisa menyala dalam beberapa saat. Hal ini pasti sangat mengganggu dan menghambat aktifitas yang kamu lakukan.

5 Penyebab dan solusi laptop tiba-tiba mati

Kalo kamu punya laptop yang sering mati sendiri secara tiba – tiba, berikut alasan yang menyebabkan laptop kamu sering mati tiba – tiba.

1. Laptop yang terlalu panas (overheat)

laptop-overheat-karena-terlalu-panas

Penyebab yang juga paling umum di alami ketika laptop sering mati seara tiba – tiba adalah karena terlalu panas atau bahasa kerennya yaitu overheating. Overheating ini sering di sebabkan karena pengguna yang telalu berlebihan dalam menggunakan laptop. Selain penggunaan yang berlebih, suhu ruangan yang tinggi saat kamu mengoprasikan laptop juga berpengaruh pada laptop kamu.

Penyebab lainnya adalah bisa jadi kamu meletakkan laptop di atas benda yang tidak bisa menyerap panas dengan baik seperti contohnya di atas kasur atau juga di panggkuan kamu saat di gunakan, dan juga bisa jadi terlalu banyak debu yang menempel pada hardware. Permasalahan ini biasa di temui pada laptop yang sudah tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Solusi laptop overheat

Kamu bisa mengatasi permasalahan suhu panas pada laptop ini dengan cara rajin membersihkan hardware laptop kamu. Hilangkan debu yang menempel pada prosesor, fan, dan hardware lainnya. Penggantian Thermal Paste atau pasta pendingin pada prosesor juga harus rutin dilakukan, dan juga hindari ruangan yang memiliki suhu tinggi agar laptop tidak panas.

Usahakan gunakan laptop di suhu ruangan dingin, dan juga hindari meletakan laptop di atas benda yang tidak bisa menyerap panas. Karena dengan meletakkan laptop pada tempat yang bisa menyerap panas, akan mengurangi suhu panas yang ada di laptop kamu dengan baik.

2. Perangkat keras tidak berfungsi dengan baik

perangkat-keras-rusak

Penyebab selanjutnya kenapa laptop kamu sering mati tiba – tiba adalah bisa jadi karena adanya perangkat keras yang tidak berfungsi atau bekerja dengan baik. Salah satu hal yang sering dan umumnya terjadi kenapa laptop sering mati adalah karena perangkat keras seperti fan pendingin yang ada di laptop kamu.

Selain itu juga, penggantian perangkat keras baru juga kerap menjadi penyebab laptop sering mati tiba – tiba. Hal ini karena perangkat tidak kompatibel dan akhirnya terjadi error. Selain itu juga, perangkat yang sudah usang atau sudah lama digunakan bisa menyebabkan kematian mendadak pada laptop yang perlu kamu ganti.

Solusi perangkat keras tidak berfungsi dengan baik

Saat masalah ini terjadi pada laptop yang kamu gunakan, kamu tidak akan bisa menyelesaikan masalah ini sendiri. Kamu bisa membawa laptop ke pusat servis atau ke orang yang ahli di bidang reparasi perangkat laptop untuk mengecek apa yang menjadi kendala dan mencari letak dimana perangkat keras yang menyebabkan laptop kamu mati.

Pastikan bahwa tempat servis atau orang yang kamu datangi itu benar – benar ahli dalam memeriksa dan memperbaiki laptop, agar bisa cepat di atasi dan tidak memperbesar masalah pada laptop kamu. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi perangkat apa yang bisa kamu ganti ke perangkat keras yang baru, dan bisa mencari mana yang kompatibel dan tidak menghambat kinerja laptop kamu.

3. Baterai sudah rusak

baterai-laptop-rusak

Alasan selanjutnya adalah baterai yang sudah rusak pada laptop yang kamu gunakan. Masalah ini sering kali muncul, bahkan menjadi penyebab utama yang sering di alami pengguna laptop. Pengisian daya yang tidak tepat dan berlebihan adalah salah satu penyebab baterai jadi rusak dan tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu juga, penggunaan berat seperti main game, dan aplikasi berat lain yang mungkin di instal dan di jalankan pada laptop dengan spesifikasi yang rendah bisa mengakibatkan baterai laptop menjadi rusak. Hal inilah yang pada umumnya terjadi, karena sebagian besar pengguna tidak sadar bahwa hal ini berakbat fatal untuk kesehatan baterai laptop.

Solusi baterai laptop sudah rusak

Pastikan bahwa baterai yang kamu gunakan itu berjalan dan berfungsi dengan baik. Jika memang benar masalah baterai yang menjadi penyebab laptop mati tiba – tiba, kamu bisa menggantinya dnegan baterai yang baru. Pastikan juga bahwa baterai yang kamu beli baru memiliki ampere yang sama dan juga cukup untuk kebutuhan laptop kamu, agar nantinya masalah baterai rusak tidak terjadi lagi.

4. Masalah pada sistem operasi

sistem-operasi-rusak

Penyebab laptop mati tiba – tiba selanjutnya adalah bisa di sebabkan karena masalah yang terjadi pada sistem operasi. Selain itu juga mengubah atau mengganti driver laptop yang kamu gunakan juga merupakan penyebab yang umum terjadi yang mengakibatkan laptop mati, terutama jika menyangkut pada BIOS laptop kamu. Pada beberapa kasus, kesalahan pada pemasangan driver bisa menyebabkan laptop mati secara penuh.

Solusi masalah pada sistem operasi

Salah satu driver yang sudah terkenal umum menjadi kendala dan mengalami crash pada laptop adalah AMD atau AMD Catalyst Suite. Cara mengecek terjadi masalah pada sistem operasi atau driver laptop kamu, cek apakah ada file dumb pada bagian atas norifikasi kerusakan. File dumb akan berguna menampilkan semua hal yang akan berguna dalam mengidentifikasi kerusakan pada sistem operasi maupun driver laptop kamu.

5. Laptop terkena virus

laptop-kena-virus

Virus bisa di katakan salah satu penyebab yang bisa mengakibatkan laptop kamu tidak bekerja secara optimal dan paling fatalnya adalah bisa menyebabkan laptop mati. Memang pada umumnya virus hanya menyebabkan laptop mat tiba – tiba meskipun bisa dinyalakan lagi. Tetapi, jika laptop sering mati juga akan menghambat pekerjaan kamu.

Virus biasanya ada di laptop kamu ketika kamu menyalakan internet, yang biasanya akan terunduh secara otomatis dan masuk ke dalam file – file program dan sistem operasi.

Solusi laptop yang terkena virus

Untuk mengatasi virus yang membuat laptop kamu mati, kamu bisa membersihkan virus tersebut dengan cara menginstal anti virus pada laptop kamu. Banyak anti-virus yang efektif dan bisa kamu unduh gratis di internet. Namun ada baiknya kamu menginstal anti-virus berbayar, yang mana akan lebih efektif dalam membersihkan virus di laptop kamu.

Sering – sering melakukan scan virus di laptop kamu, paling tidak semunggu sekali agar laptop bisa bersih dan terhindar dari virus yang mengganggu. Kalau memang sudah parah, kalian mau tidak mau harus menginstal ulang sistem operasi kalian.

###

Itu dia 5 penyebab dan bisa mengakibatkan laptop tiba-tiba mati tanpa ada gejala terlebih dahulu. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke teman-teman kamu, dan bagikan cerita laptop kamu di kolom komentar.

Author

Ordinary young man

Write A Comment